Rayakan 100 Tahun, Mazda Bakal Gelar 'Pesta' Besar | dapurpacu.id

Rayakan 100 Tahun, Mazda Bakal Gelar ‘Pesta’ Besar


DAPURPACU — Mazda Motor Corporation (MMC) merayakan perjalanan bersejarahnya selama 100 tahun di industri otomotif dunia, Kamis (30/1) kemarin.

Seremoni sederhana yang dipusatkan di auditorium kantor pusat Mazda di Hiroshima, Jepang, dihadiri tak kurang dari 500 orang yang terdiri dari jajaran eksekutif, karyawan dan perwakilan serikat pekerja serta perusahaan afiliasi.

“Mazda berasal dari perusahaan yang memproduksi gabus dan kemudian berubah haluan memproduksi mobil. Sekarang, kami telah memiliki banyak pelanggan di lebih dari 130 negara dan wilayah,” ucap Akira Marumoto, Representative Director, President and CEO MMC.

“Seiring kami melanjutkan perjalanan bisnis untuk 100 tahun ke depan, kami ingin memprioritaskan konsumen dan ingin terus menghargai interaksi yang telah terjalin terhadap pelanggan,” imbuhnya.

Akira Marumoto, Representative Director, President and CEO MMC

“Saat kami memperkuat dan bekerja sama dengan semua orang yang terhubung dengan perusahaan, kami akan terus merasa tertantang untuk menciptakan produk, teknologi, dan pengalaman unik yang disukai oleh pelanggan kami,” tambahnya.

MMC berencana tidak hanya merayakan 100 tahun kejayaan mereknya tersebut ‘dikandang’ saja. Ucapan terima kasih bakal dikumandangkan di sepanjang tahun ini, khususnya di ajang Geneva International Motor Show, Maret mendatang.

Kelak, booth Mazda akan mengusung tema ‘ulang tahun ke-100’, serta acara Mazda Open Day 2020, sebuah acara open house di kantor pusat Mazda pada 22 – 24 Mei 2020.

Mazda-GO, pikap 3-roda sebagai produk pertama Mazda tahun 1931.

Sebagai informasi, 100 tahun yang lalu, Mazda bukanlah produsen mobil seperti saat ini melainkan produsen gabus yang berada di Kota Hiroshima.

Saat Jujiro Matsuda, seorang industrialis, mengambil alih Toyo Cork Kogyo Co. Ltd. pada 1921, perjalanan bisnis pun berubah perlahan-lahan. Alat-alat mesin menjadi produk pertamanya.

Selang enam tahun kemudian (1927), nama perusahaan pun berubah dengan menghilangkan kata ‘Cork’ menjadi Toyo Kogyo Co., Ltd.

Ide brilian Matsuda pun mencuat dengan diluncurkannya produk kendaraan pertamanya yaitu Mazda-GO, sebuah pikap 3-roda, disusul dengan kendaraan penumpang roda empat pertamanya yaitu R360 Coupe. [dp/MTH]