Honda Civic Hatchback RS Meluncur, Aura Sporty Makin Bangkit | dapurpacu.id

Honda Civic Hatchback RS Meluncur, Aura Sporty Makin Bangkit


DAPURPACU – Entah apa yang ada di benak PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk memperkenalkan tampilan terbaru Civic Hatchback di awal tahun ini. Padahal sudah kurun waktu beberapa tahun ini, segmen sedan kurang mendapat tempat di mata konsumen Indonesia.

Tapi tidak bagi HPM yang sepertinya justru ingin ‘membangunkan’ kelas ini kembali di pasar otomotif Tanah Air. Tentunya hal itu dibarengi dengan penyegaran model-model lainnya.

Mengawali tahun ini, Civic Hatchback kini hadir dengan mengusung ‘aura’ yang tidak jauh berbeda dengan Civic Type R, di mana kesan sporty pada sektor eksteriornya makin ditonjolkan.

Modelnya dibangun di atas platform Civic sedan facelift yang setahun lalu juga rilis di Tanah Air ini hanya memasarkan satu varian saja, yaitu RS, sementara dua tipe lainnya ditiadakan (S-E).

Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM mengatakan, kehadiran Civic Hatchback pada 2017 lalu untuk melengkapi varian Civic yang telah ada.

“Meski tergolong baru, model hatchback dari keluarga Civic ini sudah memiliki konsumen loyal di Indonesia. Sepanjang 2019, Civic Hatchback menguasai pangsa pasar 5% disegmen Hatchback,” ujar Yusak, disela peluncuran di Jakarta, Kamis (6/2).

Disebutkan bahwa sejak diluncurkan hingga tahun lalu, tercatat sebanyak 5.232 unit Civic Hatchback telah terjual, sementara selama 2019 berhasil membukukan angka penjualan 1.579 unit.

Yusak mengklaim bahwa model hatchback Honda terus populer di mata masyarakat khususnya untuk varian RS, seperti Jazz RS misalnya. Kemunculan Civic Hatchback dikatakan untuk memberikan pilihan kepada konsumen yang ingin ‘naik kelas’.

“Kehadiran Civic Hatchback sendiri memberikan pilihan bagi konsumen ‘Step Up’ dari Jazz yang menginginkan sebuah mobil yang lebih sporty, dan stylish,” tambahnya.

Ubahan untuk model ini menyasar pada eksterior dan interior dengan atmosfer sporty yang semakin kental. Sementara di sektor penyumbang tenaga dan torsi tidak berubah.

“New Civic Hatchback RS memadukan ‘Heritage’ dari keluarga Civic dipadu karakter varian RS yang merupakan ‘Global Sporty Icon’ dari Honda, sehingga menghasilkan model yang semakin sporty dan stylish sesuai dengan tema ‘Sexiness Intensified’,” imbuhnya.

Secara singkat, ubahan dari model sebelumnya terdapat pada penambahan aerokit bumper depan, belakang, dan side sill garnish. Kemudian sentuhan dua warna (two-tone color) pada pelek 17 inci.

Penyegaran dari sisi tampilan terlampir pada desain bumper diffuser dan knalpot dengan ujung dibalut krom. Sedangkan emblem RS disematkan pada grill dan pintu belakang.

Di bagian interior, desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah ada pada jok, lingkar kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining, serta desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.

Lainnya, New Auto Dimming Rear View Mirror tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih, plus head unit layar sentuh 7 inci yang bisa terkoneksi versi iOS dan android gawai Anda.

Civic Hatchback RS tetap menggunakan mesin 1.500 cc VTEC Turbo dengan earth dream technology dipadukan transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 170 hp dan torsi puncak 219 Nm pada putaran 5.500 rpm.

New Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, dengan banderol Rp499 juta on the road (OTR) Jakarta. Hingga akhir tahun ini, Civic Hatchback RS ditargetkan mampu terjual 1.800 unit. [dp/MTH]