Seatmaker Indonesia Mampu Aplikasikan Desain Jok KIA Seltos | dapurpacu.id

Seatmaker Indonesia Mampu Aplikasikan Desain Jok KIA Seltos

Motif jok All New Kia Seltos mengaplikasikan desain hexagonal.

DAPURPACU – Ternyata, para seatmaker Indonesia cukup piawai untuk mendesain karya apiknya demi kepuasan konsumen. Hal itu dibuktikan dengan beragam karya mereka saat mengikuti berbagai seri even modifikasi di Tanah Air.

Salah satu gebrakan mereka dalam mendesain pelapis jok adalah model hexagonal, yang sudah makin tren belakangan ini. Padahal motif ini seperti ini telah menjadi tren sejak lebih dari satu tahun kebelakang.

Namun siapa sangka, motif seperti ini diaplikasikan para desainer Kia untuk membalut seluruh jok All New Seltos yang baru saja meluncur ke pasar Tanah Air beberapa waktu lalu.

Seltos menampilkan jok yang terlihat lebih modis, karena modelnya yang tidak monoton seperti mobil baru kebanyakan. Motif yang lazim disebut segi enam ini hampir diterapkan pada seluruh bagian kulit pelapis jok mobil asal Korea itu.

Hasil karya Arief desain mengaplikasikan motif hexagonal.

“Jok bermotif hexagonal sudah menjadi tren sekitar lebih dari satu tahun kebelakang melalui tangan terampil para seatmaker Indonesia,” kata Dana Iswanto, Brand Manager PT Polystar International, distributor resmi MBtech.

Baca juga:  All-new Kia Sorento Versi Hybrid Muncul di Geneva

Dana meyakini motif pada jok Seltos bisa menjadi tren baru untuk mobil-mobil keluaran terbaru selanjutnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan desain ini juga bakal ‘diamini’ oleh pabrikan lainnya.

Dan motif tersebut pun akhirnya dimunculkan kembali tatkala MBtech menggelar kontes Driving With Style Awards 2019. Bahkan salah satu peserta yang mengaplikasi motif itu nobatkan sebagai juara ketiga.

Adalah Arief Ie Ie InCar dari Surabaya yang menerapkan motif tersebut. Dia menjabarkan bahwa untuk pembuatan motif tersebut menggunakan lembaran synthetic leather yang dipola menggunakan komputer.

“Selanjutnya lapisan bahan MBtech Giorgio Black dan MBtech Camaro Fiesta Pop Green dilapisi busa dan dijahit menggunakan mesin dengan mengikuti pola yang sudah dibuat,” tambah Arief.

“Sebelumnya, saya membuat pola dengan software desain di komputer, lalu desainnya dimasukan ke dalam software mesin khusus yakni CNC (Computer numerical control) yang merupakan mesin untuk menjahit pola secara otomatis,” imbuhnya.

Baca juga:  KIA Seltos Diesel Segera Meluncur Tahun Ini?

Dana menambahkan bagi yang ingin merubah jok mobilnya menjadi lebih keren tidak usah bingung, karena banyak seatmaker di Indonesia yang sudah berpengalaman dan juga sudah menghasilkan karya jok dengan motif dan warna yang beragam.

“Untuk warna saat ini banyak pilihannya. Misalnya MBtech Giorgio menyediakan 40 pilihan warna yang pastinya akan membuat tampilan jok jadi lebih menarik,” pungkasnya. [dp/MTH]