Harga Makin 'Selangit', Kawasaki Z900 Terbaru Makin Agresif | dapurpacu.id

Harga Makin ‘Selangit’, Kawasaki Z900 Terbaru Makin Agresif


DAPURPACU – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengawali tahun ini dengan menghadirkan model terkini Z900 model year 2020. Sejumlah pembaruan mulai pada sistem elektronik, hingga sedikit polesan pada tampilan disuguhkan pada motor berkonsep ‘telanjang’ itu.

Masih menawarkan konsep Z Sugomi, tampilan Z900 masih menyuguhkan aura agresif dan lebih berkarakter sporti, namun dengan styling terbaru yang lebih eye-catching, exciting & easy.

Untuk model terbaru ini, kesenangan berkendara diwujudkan melalui Riding Modes teranyar seperti Sport, Road dan Manual, yang dipadukan dengan fitur KTRC serta Power Modes. Dengan begitu Z900 dapat digunakan tak hanya di area perkotaan saja, melainkan di daerah pegunungan pun bakal menyenangkan.

Terkait sektor penghasil tenaga dan torsi, mesin 4-silinder segaris DOHC berkapasitas murni 948 cc, yang menghasilkan tenaga 123 hp dan torsi 98,6 Nm di putaran 7.700 rpm.

Menariknya, dengan beberapa pengembangan di sektor tersebut, terutama pada komponen knalpot menghasilkan emisi yang lebih bersih, tanpa merubah power dan feeling dari model sebelumnya.

Baca juga:  Kosmetik Menarik Kawasaki Versys-X250 Tourer

Atas dasar inilah Z900 anyar ini mengantongi standar emisi Euro5, yang membuat volume kataliser mengalami peningkatan. Hasilnya, suara knalpot khas mesin 4-silinder memberikan suara yang lebih baik daripada sebelumnya.

Layout saluran yang diubah membantu meningkatkan emisi gas buang lebih bersih. Begitu juga konstruksi dalam pada bagian pre-chamber dan silencer membantu menghasilkan suara knalpot yang besar.

Suara lebih terdengar saat startup, saat menyala namun dalam keadaan diam, dan saat menarik throttle. Begitu pun dengan akselerasi dan deselerasi lebih halus berkat clutch damper spring dan setting FI yang telah diperbarui.

Urusan kenyamanan berkendara dibuktikan dengan diperbaruinya rangka, di mana kekuatan ditambahkan di area pivot swingarm untuk memberikan handling yang mumpuni.

Begitu juga dengan setting suspensi depan dan belakang pun diperbarui, membuat tampilannya semakin pas dan selaras dengan rangka baru.

Sentuhan lain berupa dipasangkannya ban new Dunlop Sportmax Roadsport 2 yang semakin memperbaiki kinerja handling. Penyegaran lain tertera di area lampu utama yang telah diperbarui.

Baca juga:  Kosmetik Menarik Kawasaki Versys-X250 Tourer

Meski garisnya tidak terlalu condong ke depan seperti sebelumnya, namun sudut-sudut yang semakin tajam memperkuat desain barunya. New LED headlamp yang diapit oleh LED position lamps memberikan image berbeda dari Z Supernaked Kawasaki lainnya.

Lampu sein ini memilki permukaan bertekstur yang membuat pantulan cahaya menjadi lebih jelas. Styling baru yang lebih tajam pada beberapa part seperti cover mesin, cover fuel tank, under cowls, dan cover silver pivot swingarm kini lebih kompak.

Soal harga, Kawasaki Z900 model 2020 dibanderol Rp250 juta OTR Jabodetabekser, atau lebih mahal Rp25 juta saat pertama kali dihadirkan pada 2017 silam. Adapun warna yang tersedia yaitu Metallic Graphite Gray atau Metallic Spark Black. [dp/MTH]