Schmitz Cargobull Pilih Ban Hankook Untuk Kendaraan Komersialnya | | dapurpacu.id

Schmitz Cargobull Pilih Ban Hankook Untuk Kendaraan Komersialnya

Hankook dan Schmitz Cargobull Perpanjang Kerjasama Strategic Hingga 2022

DAPURPACU – Produsen ban asal korea, Hankook memperpanjang kemitraan strategisnya dengan Schmitz Cargobull, produsen truk trailer terdepan asal Eropa.

Neu-Isenburg, Jerman, 7 Februari 2020 – Produsen ban premium skala global, Hankook Tire, melanjutkan kemitraan strategisnya dengan Schmitz Cargobull sebagai penyalur ban resmi penunjang kendaraan komersial produksi Schmitz Cargobull.

Kemitraan strategis ini telah berjalan sejak tahun 2013 dan akan terus berlangsung tiga tahun ke depan hingga tahun 2022. Sejumlah portfolio ban TBR (Truck and Bus Tire) yang disalurkan Hankook antara lain terdiri dari ban truk trailer ekonomis dan produk inovasi mutakhir lainnya yang didesain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasar Eropa, sampai dengan pemain industri unggulan.

Schmitz Cargobull sendiri merupakan produsen ban asal Jerman yang memproduksi berbagai kendaraan komersial, salah satunya jenis truk trailer yang telah lama menjadi acuan sebagai solusi transport yang paling efisien di antara produsen truk lainnya.

Kesuksesan kerjasama ini salah satunya terwujud melalui penghargaan kemitraan strategis yang diberikan Schmitz Cargobull kepada Hankook di tahun 2017 atas peranan Hankook sebagai satu-satunya penyalur ban resmi untuk kendaraan komersial produksi Schmitz Cargobull.

“Hankook merupakan mitra original equipment (komponen orisinil) dari sejumlah produsen mobil penumpang dan kendaraan komersial terkemuka di Eropa. Berkat pertumbuhan industri logistik dalam beberapa tahun terakhir, kemitraan untuk kendaraan komersial dan truk trailer menjadi semakin penting bagi bisnis Hankook,” ungkap Sanghoon Lee, President Hankook Tire Eropa.

“Sebagai pemimpin di industrinya, Schmitz Cargobull memiliki standar yang tinggi terhadap ban dari segi performa, efisiensi, dan kualitas berkelanjutan, dan kami bangga bahwa ban Hankook dapat memenuhi standar tersebut,” tambah Dietmar Olbrich, Vice President of Marketing and Sales dari Hankook Reifen Deutschland di Jerman.

Schmitz Cargobull AG dengan kantor pusatnya di Horstmar, Jerman, merupakan market leader bagi segmen kendaraan komersial. Saat ini, bisnis original equipment yang berlangsung antara Hankook Tire dan Schmitz Cargobull khusus berlaku di pasar Eropa, yang mengandalkan sembilan (9) dimensi ban trailer berukuran 19.5 hingga 22.5 inci, termasuk dimensi Mega-Trailer 455/40R R 22.5 dari seri Hankook e-cube Max yang efisien.

Sementara di Indonesia, Hankook Tire Indonesia telah membidik peluang untuk membuka pabrik khusus yang memproduksi ban segmen truk dan bus (Truck and Bus Tire). Langkah ini dipertimbangkan guna memenuhi kebutuhan ban yang berkualitas dengan ongkos beli yang lebih terjangkau. Saat ini untuk pemasaran ban truk dan bus di Indonesia, Hankook masih mengandalkan pasokan dari pabrik di luar negeri. Jenis ban truk dan bus yang sudah dipasarkan di Indonesia antara lain AH31K (Bus & Tubeless), AH30 (Cargo), AM09 (Lite Truck), AM81 (on-off road), DM81 & DM07 (Mining), DM80D (Dump).

“Secara produk, kualitas produk Hankook memiliki daya saing yang kompetitif dengan produsen ban lainnya, dukungan riset dan pengembangan yang kuat mampu menghasilkan desain produk yang sesuai dengan kondisi medan serta pola perilaku aktivitas transportasi bisnis di Indonesia. Hankook Tire Indonesia berharap, fase investasi ketiga dari lima tahap investasi bisnis ini ini dapat segera tercapai agar mampu menggenjot kapasitas produksi dan penjualan Hankook di pasar domestik lebih besar lagi,” tutup
Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR PT. Hankook Tire Sales Indonesia. [dp/BGS]