Suzuki Salesman Competition 2019, Ajang Pemacu Skill Tenaga Penjual | dapurpacu.id

Suzuki Salesman Competition 2019, Ajang Pemacu Skill Tenaga Penjual


DAPURPACU – Dalam rangka menciptakan tenaga penjual produk motor Suzuki yang mumpuni, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menggelar Suzuki Salesman Competition 2019.

Kompetisi ini sendiri telah berlangsung pada 13 Februari lalu, dan terpilih 72 orang tenaga penjual terbaik dari puluhan jaringan penjualan Suzuki di Indonesia.

Seluruh finalis tersebut sebelumnya telah menjalani serangkaian tahap seleksi awal yang berlangsung di pertengahan tahun 2019 lalu.

Penilaian awal dilakukan berdasarkan kinerja dan prestasi masing-masing tenaga penjual, sehingga pemilihan peserta yang lolos lebih objektif dan berkualitas.

Setelah itu ke 72 orang ini kembali menjalani penilaian ketat yang berlangsung di Jakarta Pusat selama sehari penuh. Agar kompetisi menjadi lebih ideal, grup dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Junior (untuk sales force masa kerja di bawah 2 tahun), Senior (untuk sales force masa kerja di atas 2 tahun) dan Sales Counter.

Baca juga:  New Carry Ringankan Langkah Suzuki Kuasai Segmen Niaga Ringan

Tahun ini, Suzuki Salesman Competition 2019 mengusung tema ‘The Winner Come Back’, yang berarti kompetisi semakin menantang dengan kehadiran beberapa peserta yang merupakan juara dari Suzuki Salesman Competition tahun sebelumnya.

SIS juga menggandeng Suzuki Finance Indonesia (SFI) sebagai tim penilai, serta memberikan tantangan khusus kepada peserta seputar proses bisnis pembiayaan yang biasa ditawarkan kepada pelanggan.

Dalam keterangan tertulisnya, Sutisna Senjaya, 2W Dealer Network Development Section Head PT SIS mengatakan bahwa ajang ini memiliki tiga tujuan utama.

“Pertama, menjadi sarana apresiasi kepada para tenaga penjualan sepeda motor Suzuki yang selama ini sangat berjasa sebagai ujung tombak perusahaan. Kedua, diharapkan dengan berkompetisi para peserta bisa meningkatkan kembali skill dan kualitas kerja. Terakhir, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mendorong kreativitas dan memacu eksplorasi teknik penjualan yang baik dan efektif,” tambahnya.

Setelah menghadapi beberapa ujian tertulis, wawancara serta simulasi, akhirnya para peserta yang memperoleh poin penilaian tertinggi memang terlihat sangat menguasai proses bisnis, proses penjualan serta customer handling dengan baik.

Baca juga:  Unit Entry Turun, Penanganan Teknis Mobil Suzuki Meningkat Drastis

Khusus bagi peserta yang pernah merasakan ketatnya persaingan di kompetisi tahun sebelumnya, mereka berhak diikut sertakan pada kategori spesial, yaitu Sales Gold.

Selain itu, kategori spesial lainnya juga diberikan oleh Suzuki Finance Indonesia sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap sales force yang telah mencapai target penjualan menggunakan SFI. [dp/MTH]