UD Trucks Bidik Pengemudi Cerdas dan Hemat BBM | dapurpacu.id

UD Trucks Bidik Pengemudi Cerdas dan Hemat BBM


DAPURPACU – Ajang uji keahlian para pengemudi truk UD Trucks, Extra Mile Challenge (EMC), kembali digulirkan tahun ini. Memasuki tahun keempat penyelenggaraannya, ajang ini tetap membidik driver agar lebih terampil dalam mengemudi truk.

Misi utama dari EMC tidak lain adalah membentuk pengemudi mampu meningkatkan produktivitas pekerjaannya, dengan salah satunya meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar dan skill berkendaranya.

Aloysius Chrisnoadhi, Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia menjelaskan bahwa Extra Mile Challenge 2020 hadir sebagai sebuah kompetisi antar pengemudi UD Trucks yang mencoba menggabungkan semua aspek, mulai dari kecanggihan kendaraan, keamanan, dan efisiensi.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Meski begitu, para pengemudi tetap memiliki peran yang sangat besar,” ujar Chrisnoadhi, disela kompetisi di kawasan BSD City, Tangerang, Rabu (26/2).

Di sisi lain, Valery Muyard selaku President Director PT UD Astra Motor Indonesia menekankan bahwa ajang ini sebagai salah satu program yang rutin diadakan setiap tahunnya.

“Dengan adanya kompetisi global ini diharapkan dapat memotivasi lahirnya pengemudi-pengemudi cerdas yang tak hanya handal, melainkan juga mampu mengemudi dengan aman dan efisien,” tambahnya di tempat yang sama.

Sebelumnya, para peserta telah terlebih dahulu menyelesaikan kompetisi di daerah mereka masing-masing, yang terdiri dari tes tertulis dan tes di lapangan. Setelah itu terpilihlah enam finalis terbaik, yang mengikuti final di BSD Track hari ini.

Keenam finalis itu yaitu Achmad Darwilis (PT Pertamina Patra Niaga), Agustiadi (PT Dunia Express Transindo), Irwan S. Wijaya (PT Lancar Central Logistics), Saiful Anwar (PT Duta Lintas Nusa), Ahmad Saiful Hanafi (PT Alam Widjajatrans), dan Rusdi (PT Agung Teratai Makmur).

Hadi Darwanto, Trainer Specialist UD Trucks menuturkan sebelum menuju pengujian terakhir di BSD Track, mereka terlebih dahulu dibekali dengan pelatihan dari tim UD Trucks.

Disebutkan, para finalis saling berpacu dalam kepiawaian mereka untuk melakukan empat hal penting sebelum, saat dan sesudah mengemudi.

“Pertama, pentingnya program pengecekan harian (P2H) untuk memastikan kondisi truk dalam keadaan terbaiknya sebelum beroperasi. Kedua, mengemudi dengan menghemat bahan bakar. Ketiga, pola pikir aman dan terakhir, kemampuan manuver pengemudi yang mampu mempersingkat waktu perjalanan,” imbuhnya.

Nantinya, hanya satu pemenang terpilih yang berhasil menuntaskan seluruh tantangan dengan nilai terbaik bakal diberangkatkan untuk kembali melakoni kompetisi serupa tingkat dunia di Jepang. [dp/MTH]