Honda Kembali Gandeng Dua Tim Balap F1 ini | dapurpacu.id

Honda Kembali Gandeng Dua Tim Balap F1 ini


DAPURPACU – Jelang digulirkannya balap jet darat Formula One (F1) seri pertama musim 2020 di Grand Prix Australia, Melbourne, tim balap Honda yaitu Red Bull Racing dan AlphaTauri meluncurkan tunggangan terbarunya.

Di musim ini, Honda kembali memasok mesin untuk kedua tim itu. Bagi Honda, ini merupakan musim ketiga untuk tim Scuderia Toro Rosso yang sekarang dikenal sebagai Scuderia AlphaTauri dan tahun kedua dengan Aston Martin Red Bull Racing.

Dalam persiapan yang singkat menuju musim ini, para engineers Honda mampu mengembangkan Power Unit (PU) baru yang diharapkan meningkatkan performa dari kedua tim yang didukungnya.

“Tahun lalu, Scuderia Toro Rosso memiliki musim 2019 yang sangat baik. Tahun pertama Martin Red Bull Racing, kami membuat langkah besar ke depan, memenangkan tiga balapan, kemenangan pertama Honda sejak tahun 2006,” bangga Katsuhide Moriyama, Chief Officer Brand and Communication Operations, Honda Motor Co., Ltd.

Meski begitu, Moriyama mengaku pihaknya belum belum maksimal seperti yang diinginkan. Menuju musim ini, Honda akan bekerja lebih baik lagi mengumpulkan data sebanyak mungkin selama pengujian agar dapat bersaing sejak awal musim.

“Tujuannya untuk melakukan lebih baik lagi dari tahun lalu. Kami berharap tahun ini kejuaraan akan sangat menarik dan akan menampilkan banyak momen spesial untuk dibagikan dan dirayakan bersama penggemar kami,” katanya.

Tim Scuderia AlphaTauri akan turun dengan dua pebalap yaitu Pierre Gasly dan Daniil Kvyat. Pada musim 2019 lalu Gasly menutup musim di posisi ke-7, sementara Kvyat berada di posisi ke-13.

“Tahun pertama kami sebagai Scuderia AlphaTauri juga merupakan musim ketiga kami bersama Honda. Sejak pertemuan pertama kami di tahun 2017, kami telah membangun hubungan yang sangat baik dengan mereka,” kata team Principal Scuderia AlphaTauri Honda, Franz Tost.

“Ini adalah kemitraan yang didasarkan pada rasa saling percaya dan rasa hormat yang semakin kuat selama dua tahun terakhir. Tahun lalu, kinerja dan keandalan Honda PU menjadi peran penting dalam memberikan musim terbaik kami dalam lebih dari satu dekade,” lanjut Tost.

Sementara itu, tim Aston Martin Red Bull Racing masih akan diperkuat pebalap berkebangsaan Belanda, Max Verstappen yang pada musim lalu menduduki posisi ke-3 di klasemen akhir kejuaraan F1.

Selain Verstappen, tim ini juga diperkuat oleh pebalap asal Thailand, Alexander Albon yang pada musim lalu menempati posisi ke-8 di klasemen akhir.

Christian Horner, Team Principal Aston Martin Red Bull Racing mengklaim unit power Honda membuat kemajuan yang konstan sepanjang musim pertama kemitraan yang semakin menguat.

Menurut Christian, upaya Honda di akhir musim sangat mengesankan dan integrasi unit daya ke dalam RB16 sudah lebih lancar saat memasuki musim kedua bersama-sama.

“Max dan Alex telah termotivasi saat kami membangun akhir yang positif hingga 2019. Honda, sama seperti kami, memiliki semangat yang sama dan dapat dilihat dari kebanggaan mereka ketika kami mencapai kesuksesan bersama,” imbuhnya.

“Mereka berbagi tujuan dan target yang sama sehingga saya sangat bersemangat untuk melihat apa yang dapat kami berikan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang saat kami melawan Mercedes dan Ferrari,” pungkasnya.

Usai membuka selubung, kedua tim langsung mengikuti sesi tes pra musim balap yang berlangsung sejak 19 – 28 Februari lalu, di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. [dp/MTH]