Kemenperin: GIICOMVEC 2020 Jadi Pemicu Target 1 Juta Unit Ekspor | dapurpacu.id

Kemenperin: GIICOMVEC 2020 Jadi Pemicu Target 1 Juta Unit Ekspor


DAPURPACU – Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran khusus kendaraan komersial dan industri pendukung, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, Kamis (5/3).

Pameran ini sendiri bakal berlangsung hingga Minggu (8/3) nanti, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Meski virus Corona (Covid-19) membayangi perhelatan ini, Menteri Agus tetap memandang positif terselenggaranya even tersebut.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Gaikindo atas digelarnya pameran khusus kendaraan komersial ini. Momen ini menjadi penting sebagai pendukung sekaligus pendorong industri otomotif khususnya kendaraan niaga,” jelasnya lebih lanjut.

Menteri Agus menuturkan perkembangan kendaraan komersial diyakini bakal tumbuh di tahun ini, seiring faktor-faktor pendukung yang makin agresif, terutama di sektor infrastruktur yang makin masif dikerjalan oleh peerintah.

Meski begitu, dia mengakui, industri otomotif dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi tekanan ekonomi yang cukup hebat, belum lagi Covid-19 sedang mewabah.

Namun, tambah Menteri Agus, dampak yang terjadi tidak akan terlalu berpengaruh pada sektor kendaraan komersial di Indonesia. Ia pun berkeyakinan dalam 3 – 4 bulan ke depan kondisi Indonesia masih aman.

“Kita minta isu itu jangan disangkut pautkan, ada komponen pemerintahan yang akan menangani wabah virus tersebut. Di satu sisi bagaimana kita membangun perekenomian nasional melalui industri manufaktur khususnya industri otomotif,” imbuhnya.

“Kita harapkan kondisi ini tidak mengganggu kinerja ekspor Indonesia yang mana ditargetkan dapat mencapai 1 juta unit pada 2024. Karena itu, pemerintah bakal terus mendorong dan memperkuat industri tersebut,” pungkasnya.

Pameran GIICOMVEC ditujukan sebagai pameran business to business (B2B) dan terbuka bagi pembeli potensial khususnya para pebisnis di Indonesia.

Dari industri kendaraan komersial akan hadir Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan lainnya. [dp/MTH]