Melihat Uniknya Bus Hino FB 130 Dalam Balutan 'Tayo' | dapurpacu.id

Melihat Uniknya Bus Hino FB 130 Dalam Balutan ‘Tayo’


DAPURPACU – Pameran GIICOMVEC memang ditujukan bagi pemegang merek kendaraan niaga dan industri otomotif pendukungnya. Ragam truk, bus dan juga model pikap baik kabin tunggal maupun ganda, pun ditampilkan dalam berbagai rupa.

Tak terkecuali bagi Hino yang menghadirkan unit bus unik nan mungil. Di tempatkan di salah satu sudut booth mereka, bus yang pada film animasi akrab disapa Tayo ini cukup memberikan hiburan kepada pengunjung.

Dibalut warna biru pekat bertuliskan ‘Trans Tangerang Ayo’ dan ‘Tayo’ yang menjadi singkatannya, serta ‘LIVE’ yang disingkat Liveable-Investable-Visitable-E-city di bagian bodi sampingnya.

Walikota Tangerang Arief W bersama Santiko Wardoyo dalam Bus TAYO.

Bus dengan kapasitas duduk 27 orang dan mampu memuat 13 penumpang berdiri ini telah beroperasi pada tiga koridor yaitu Poris – Jatiuwung, Poris – Cibodas, Ciledug – Tangcity.

Saat in, bus Tayo dengan design retro ini merupakan bus yang digunakan Pemerintah Kota Tangerang untuk melayani transportasi massal, Bus Rapid Trans (BRT).

“Adanya Bus Tayo merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Tangerang kepada masyarakat dalam bidang pelayanan transportasi yang baik, nyaman dan aman,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia.

Santiko pun menjelaskan bus ini merupakan pesanan khusus dari Pemprov Tangerang, di mana mereka memesan 20 unit bus dengan desain tokoh kartun yang amat digandrungi oleh anak-anak tersebut.

Dia pun mengklaim desain bus unik bisa dapat digunakan pemerintah kota lainnya, sebab Pemprov Tangerang sudah mengijinkan untuk dipakai.

“Dengan desain bus unik seperti ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik sebagai upaya mengurangi kemacetan dan polusi udara,” imbuh Santiko.

Disebutkan, ke depannya, Pemprov Kota Tangerang akan menambah dua koridor lagi untuk transportasi angkutan bagi warganya, dan di setiap koridor terdapat 10 unit bus trans Tayo.

Bus Tayo sendiri menggunakan basis Hino FB 130, yang diklaim memiliki mesin tenaga yang tangguh dan kuat. Mesin tipe WO4D-TN menghasilkan tenaga 128 hp dengan torsi puncak 363 Nm di putaran 1.800 rpm.

Bus ini juga dibekali double acting shock absorber serta stabilizer yang didesain khusus untuk memberikan kenyamanan penumpang selama di perjalanan. [dp/MTH]