Sedan Mini Honda Raih (Lagi) Rating 5 Bintang | dapurpacu.id

Sedan Mini Honda Raih (Lagi) Rating 5 Bintang


DAPURPACU – Lini produk Honda kembali dianugerahi peringkat keselamatan tertinggi dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) untuk Asia Tenggara. Fitur keamanan pada Honda City generasi ke-5 berhasil meraih bintang 5.

Pada uji tes yang dilakukan di Bangkok, Thailand, tersebut sedan mini ini memperoleh skor keseluruhan 86,54 poin dari 100 uji tabrak depan, samping dan evaluasi fitur keselamatan.

All New City juga mendapatkan skor yang mengesankan, yakni 44,83 untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP), dan 22,85 untuk perlindungan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP), serta 18,89 untuk Safety Assist Technologies (SATs).

“Honda City merupakan model pertama Honda yang diuji oleh ASEAN NCAP pada 2012 dan telah mempertahankan kinerja keselamatan bintang 5 yang sangat baik sejak generasi ke-2,” tulis Honda dalam siaran resminya, Selasa (31/3).

Sejak 2012, Honda sudah melakukan 13 kali uji di ASEAN NCAP. Dari jumlah tersebut hampir seluruh produk yang dites mendapatkan 5 bintang, mulai dari City, Civic, CR-V, Jazz, HR-V, BR-V dan Accord.

Hanya dua produk Honda yang diganjar 4 bintang dari ASEAN NCAP, yaitu Brio Amza dan Brio (2016). Sementara dari tiga kali pengujian tes tabrak pada City (2012, 2014 dan 2020), semuanya meraih 5 bintang.

Berlimpah Fitur Keselamatan
Setelah Honda City generasi ke-5 diluncurkan secara global di Thailand pada November 2019, sedan ini telah mencatatkan pemesanan lebih dari 16.000 unit per 15 Maret 2020.

Foto: Rajamobil

Diluncurkannya model ini langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat dan mampu mempertahankan posisi teratas di pasar Thailand selama dua tahun terakhir.

All New City dibekali berbagai fitur keselamatan, yakni G-CON (G-Force Control) struktur tubuh, enam airbag, ABS, EBD, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), Emergency Stop Signal (ESS) dan kamera spion multi sudut.

Honda mengklaim akan terus menyediakan kendaraan yang aman dan andal, serta berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari benturan dan keselamatan untuk semua orang.

Sayangnya, pihak PT Honda Prospect Motor belum mengonfirmasikan kapan model ini masuk ke Tanah Air. Sebagai informasi, HPM hanya menawarkan 1 varian Honda City yaitu E CVT yang dibanderol Rp352,6 juta.

Model ini mengusung mesin 1.5L SOHC i-VTEC dipadukan transmisi CVT with Earth Dream Technology. Sektor eksterior diperkuat alloy wheel 16 inci, Full LED Headlamp with LED Daytime Running Light, dan Auto Rectrable Door Mirror with LED Turning Signals.

Kemudahan pengemudi dalam berkendara didukung oleh Paddle Shift, sementara hiburan untuk penumpang dipersembahkan oleh Smart 8 inch Floating A/V System. [dp/MTH]