Suzuki Segera Gelontorkan Jimny 5 Pintu Akhir Tahun ini | dapurpacu.id

Suzuki Segera Gelontorkan Jimny 5 Pintu Akhir Tahun ini

Maruti Suzuki dikabarkan bakal memproduksi Jimny versi 5 pintu untuk pasar India.

DAPURPACU – Maruti Suzuki mengonfirmasikan rencananya untuk memproduksi Jimny versi lima pintu, yang dijadwalkan hanya dipasarkan di negara India saja. Seperti dikutip dari Autocar India, Selasa (31/3) lalu.

Saat ini produsen mobil terbesar di Hindustan ini juga bakal memproduksi Jimny versi tiga pintu di pabrik Hansalpur Maruti Suzuki di Gujarat, sekitar Juni 2020. Namun seluruhnya bakal dialokasikan untuk pasar ekspor.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Maruti bakal memperkenalkan terlebih dahulu versi 5-pintu bagi publik India, setelah produksinya dijadwalkan dimulai enam bulan kemudian setelah versi 3-pintu.

Kabin yang lebih besar, dengan adanya penambahan dua pintu belakang, membuat Jimny 5 pintu ini cocok bagi keluarga yang gemar berpetualangan bersama keluarganya.

Dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang juga memberikan akses lapang pada jok baris kedua. Pertanyaannya, apakah kemampuannya melahap berbagai akan terkendala dengan kondisi tersebut.

Baca juga:  Royal Enfield Perpanjang Masa Garansi

Disebutkan bahwa secara fisik tidak ada yang berbeda di antara kedua dalam hal penggunaan bahan dasarnya. Jimny 5 pintu tetap mengaplikasikan sasis ladder-frame, as roda rigid plus penggerak empat roda dengan transfer case low-range.

Jimny 5-pintu untuk pasar India tetap dibekali mesin tipe K15B berkapasitas 1.500 cc, yang sanggup memuntahkan tenaga 105 hp. Tipe mesin ini juga dipasangkan pada Ciaz, Ertiga dan Vitara Brezza.

Terkait harga, Maruti direncanakan bakal membanderol Jimny versi 5 pintu ini mulai dari di bawah satu juta rupee, atau sekitar US$13.273 berdasarkan nilai tukar saat ini.

Suzuki Jimny model 3 pintu yang beredar saat ini.

Di pasar India, Jimny berhadapan langsung dengan Force Gurkha dan Mahindra Thar, yang juga dianggap sebagai alternatif untuk SUV kompak berbanderol sama termasuk Vitara Brezza.

Di sisi lain, Suzuki dilaporkan berencana mempensiunkan Jimny yang dipasarkan di kawasan Eropa terkait tidak terpenuhinya aturan emisi yang ketat.

Baca juga:  Royal Enfield Perpanjang Masa Garansi

Sebaliknya, pabrikan akan mengubahnya menjadi kendaraan komersial dengan menghilangkan kursi belakang, sehingga mobil ini terbebas dari aturan tersebut. Selain itu, Suzuki juga akan menanamkan mesin berbeda agar bisa kembali ke pasar.

Sebagai informasi, Jimny masih tersedia di Jepang dengan kapasitas mesin 660 cc tiga silinder turbocharged, yang menghasilkan 63 hp dan torsi puncak 96 Nm. Tersedia dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan atau otomatis 4 kecepatan. [dp/MTH]