Ini Tanggapan Nasabah FIFGroup Soal Relaksasi Kredit | dapurpacu.id

Ini Tanggapan Nasabah FIFGroup Soal Relaksasi Kredit


DAPURPACU – PT Federal International Finance (FIFGroup) telah mencatatkan 149.783 aplikasi relaksasi untuk para nasabahnya. Relaksasi kredit ini ditujukan bagi nasabah FIFGroup yang terdampak pandemi Covid-19, dengan nilai setara Rp1,5 triliun.

Dari jumlah tersebut paling besar berasal dari sektor UMKM, karyawan dan pedagang informal dengan jumlah mencapai 81.291 persetujuan aplikasi.

Sedangkan yang berasal dari sektor transportasi, termasuk ojek online dan yang bekerja sebagai sopir mencapai 14.150. Lalu bagaimana tanggapan mereka menyoal kebijakan ini? Berikut penjabarannya.

David, seorang buruh yang merupakan konsumen FIFGroup Cabang Batam, yang merasa bahagia ketika ditanya terkait tidak adanya biaya tambahan.

“Sama sekali tidak ada biaya tambahan seperti administrasi atau biaya lain pada umumnya. Tentunya ini membuat saya berlega hati dan bersyukur karena tidak ditambahi beban biaya,” ujar pria berusia 61 tahun ini.

“Selain itu, pelayanan tim cabang FIFGroup Batam juga cepat sekali dan saya sangat mengapresiasi kinerja ditambah dengan syarat pengajuan yang sangat mudah,” imbuhnya.

Baca juga:  Aksi FIFGroup Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

Hal senada juga dilontarkan oleh Ahmad Roni, nasabah FIFGroup cabang Palembang. Ahmad, yang mengetahui informasi relaksasi dari spanduk yang terpampang di depan kantor cabang FIFGroup Palembang, mengatakan bahwa proses tidak lama dan persyaratan juga mudah.

“Alasan saya mengambil relaksasi ini karena pendapatan yang saya terima kecil, pabrik ditempat saya bekerja tutup sementara dan istri hanya pedagang gorengan,” buka Ahmad.

Menurutnya dengan adanya relaksasi ini dirinya cukup terbantukan karena angsuran dapat diperkecil, dan tidak ada biaya tambahan saat proses pengajuannya.

“Pesan saya untuk para konsumen yang ingin mengajukan relaksasi namun masih ragu, silahkan datang ke FIFGroup karena prosesnya cepat dan persyaratannya pun mudah,” imbuhnya.

Kondisi sulitnya perekonomian di tengah pandemi Covid-19 juga dialami oleh Sri Wahyuni (27 tahun), seorang ibu rumah tangga berusia 27 tahun, konsumen FIFGroup Cabang Mataram.

Ketika mengetahui tentang program relaksasi ini, Sri tidak ragu untuk langsung mengajukan, karena kondisi pekerjaan suami ditutup.

Baca juga:  Aksi FIFGroup Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

“Saya mengajukan relaksasi melalui aplikasi FIONA, dan prosesnya hanya dua hari saya sudah dihubungi kembali oleh cabang dan diminta untuk tanda tangan kontrak baru,” ujarnya.

“Pengaruhnya sangat besar sekali, apalagi disaat ini tempat kerja suami ditutup sementara karena Covid-19 ini. Setelah tahu kalau ada relaksasi kredit ini, suami langsung mengabarkan saya untuk mengajukan. Ada keringanan dalam melakukan pembayaran lagi,” tambahnya.

Begitu juga dengan nasabah FIFGroup cabang Makassar ini. Firman telah menjadi nasabah FIFGroup selama 10 tahun. Dirinya mengetahui informasi relaksasi ini melalui TV setelah pemerintah memutuskan untuk memberikan kebijakan tersebut.

“Saya tahu informasi (relaksasi) ini disaat sudah mendekati masa jatuh tempo angsuran. Saya langsung ke FIFGroup cabang Makassar untuk melakukan konfirmasi dan langsung dibantu untuk melakukan pengajuan relaksasi kredit ini,” ujar pria berusia 51 tahun tersebut.

Firman menambahkan, dalam pengajuannya tidak berbelit-belit, cukup menggunakan KTP dan prosesnya hanya butuh waktu tiga hari. Tidak ada pungutan biaya tambahan.

Baca juga:  Aksi FIFGroup Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

“Setelah selesai saya kira akan ada biaya tambahan seperti biaya administrasi, ternyata tidak, semua dilayani dengan baik dan gratis. Dalam waktu tiga hari saya sudah diinfokan kembali bahwa pengajuan saya disetujui,” pungkasnya. [dp/MTH]