Hyundai Terus Lanjutkan Pembangunan Pabrik Perakitan di Indonesia | dapurpacu.id

Hyundai Terus Lanjutkan Pembangunan Pabrik Perakitan di Indonesia


DAPURPACU – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memastikan pembangunan pabrik manufaktur tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Keputusan pabrikan mobil asal Korea ini untuk terus melanjutkan mega proyek ini, usai berkoordinasi secara intensif dengan otoritas lokal dan nasional terkait.

HMMI meyakni bahwa proyek (pembangunan pabrik) ini, penting untuk mendorong dan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hyundai meyakini dengan nilai investasi mencapai 1,55 miliar USD hingga 2030, pabrik ini akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN lainnya.

Disebutkan bahwa para petinggi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berkunjung untuk melihat secara langsung jalannya pembangunan pabrik.

Proyek ini sendiri dikatakan telah melewati fase pembebasan lahan dan pemancangan. Di tahap selanjutnya adalah merampungkan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pengembangan selanjutnya.

Baca juga:  Penjualan Merosot, Pangsa Pasar Daihatsu Melonjak

“Kami memahami bahwa apa yang kami hadapi saat ini adalah situasi yang sangat menantang. Namun, adalah komitmen kami untuk terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar kami,” ucap ucap Yoon Seok Choi, Presiden Direktur HMMI.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” tambahnya.

YoonSeok memahami bahwa saat-saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia. Pada saat yang bersamaan, melanjutkan pembangunan pabrik di situasi ini bukanlah keputusan mudah yang diambil oleh Hyundai.

Bentuk dukungan HMMI untuk mengentaskan wabah Covid-19 dengan memberikan bantuan 50.000 set APD.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya telah memberlakukan langkah-langkah kebersihan dan physical distancing yang ketat, di pintu masuk pabrik serta area kantor. Termasuk aktivitas pembangunan pabrik yang saat ini fokus dalam pengerjaan peralatan guna menghindari kontak manusia.

Hyundai dengan berhati-hati menerapkan operasi yang efektif dan efisien untuk mencegah paparan risiko virus corona, sembari tetap menerapkan PSBB.

Baca juga:  Pameran New York Auto Show Ditunda April 2021

“Kami selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan sebagai hal yang utama. Karena itu, kami menerapkan peraturan kebersihan yang lebih ketat dan secara aktif mendisinfeksi tempat mereka bekerja secara berkala,” tutur Yoonseok.

Selain itu, Hyundai memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik.

Peraturan kebersihan yang diterapkan secara lebih ketat di area kantor adalah dengan menerapkan physical distancing, meningkatkan frekuensi dan ketepatan upaya sanitasi. Contohnya termasuk sistem pembersihan berkala dan pemberian disinfektan.

Komitmen untuk mendukung penuh masyarakat dan kemanusiaan, direalisasikan oleh Hyundai dengan memberikan bantuan berupa 50.000 set APD senilai Rp8,2 miliar (USD 500 ribu), untuk tenaga kesehatan Indonesia secara bertahap. [dp/MTH]