Ini Jagoan Hyundai Buat Lawan Toyota GR Yaris | dapurpacu.id

Ini Jagoan Hyundai Buat Lawan Toyota GR Yaris


DAPURPACU – Kemunculan Toyota GR Yaris memang sukses mengundang perhatian para pecinta hatchback performa tinggi. Apalagi GR Yaris berbasis mobil reli yang dikenal handal di segala medan.

Tak mau Yaris melaju sendiri, sang rival, Hyundai, sudah menyiapkan lawan sepadan pada i20 N Performance. Disebut-sebut raksasa otomotif Korea Selatan ini akan segera memperkenalkan hot hatch ini dalam waktu tak terlalu lama.

Dengan embel-embel kata Performance, diyakini Hyundai i20 N memiliki performa gahar. Terlebih rumor yang berkembang menyebut model ini berbasis model reli Hyundai yang akan berlaga di musim 2021.

Rumor itu bukan isapan jempol, karena Thierry Neuville, salah satu pereli di tim Hyundai World Rally Championship, mengatakan dirinya tak sabar untuk memacu model anyar ini di seri WRC. Dengan begitu, artinya Hyundai i20 N Performance kemungkinan dibekali all-wheel-drive system.

Kalau benar sebagai rival sepadan GR Yaris fighter, maka Hyundai i20 N Performance harus punya tenaga setidaknya 260 hingga 270 PS. Itu karena Toyota GR Yaris disebutkan bertenaga 272 PS yang disemburkan dari mesin 1.6-liter, tiga silinder turbo.

Bagi Hyundai, ada pilihan mesin 1.6-liter juga dengan jumlah silinder empat. Mesin ini sudah dicangkokkan pada Veloster GT dan Kia Forte GT. Untuk versi standar, mesin ini memiliki tenaga 204 PS. Jadi harus disisipkan peranti turbo kalau untuk melawan GR Yaris.

Tentu saja bukan mesin ini saja yang bisa dipakai, karena Hyundai memiliki banyak pilihan mesin lain. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, karena tim insinyur Hyundai saat ini masih sibuk melakukan penyempurnaan.

Sementara itu, Toyota GR Yaris yang sebelumnya hanya akan dipasarkan di Eropa dan beberapa negara lainnya, kini menyeruak kabar bahwa model ini juga bakal dirilis di Amerika karena memperhatikan begitu antusiasnya konsumen di sana terhadap hatchback sangar ini.

Hanya saja belum diketahui apakah akan menyandang nama yang sama seperti di Eropa, atau akan menggunakan nama lain, semisal Corolla atau lainnya jika nanti meluncur di Negeri Paman Sam. [dp/TGH]