Ini 10 Startup Sosial Finalis Hyundai Start-Up Challenge | dapurpacu.id

Ini 10 Startup Sosial Finalis Hyundai Start-Up Challenge


DAPURPACU – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) telah memilih 10 startup sosial yang akan memperoleh bimbingan melalui Hyundai Start-Up Challenge. Sejak program ini digelar awal 2020, diikuti ratusan pendaftar.

Para finalis akan menjalani program ini selama enam bulan dan akan belajar dari para ahli terbaik untuk memperkuat ide-ide inovatif mereka di berbagai aspek kewirausahaan sosial.

Program ini digelar untuk mencari dan membina wirausahawan muda yang memiliki ide-ide inovatif dan solusi kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan di bidang Pendidikan, Ketenagakerjaan, dan Lingkungan.

Ke-10 finalis telah melewati tahapan seleksi yang ketat, mulai dari menyaring setiap profil bisnis sosial dan memahami potensinya, hingga sesi wawancara untuk lebih lanjut mempelajari karakter wirausaha sosial mereka.

YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters mengatakan perkembangan program penting ini dalam membina ekosistem wirausaha sosial di Indonesia, salah satunya melalui Hyundai Start-Up Challenge.

“Indonesia adalah negara dengan jutaan peluang dan diisi oleh orang-orang kreatif yang peduli terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakatnya,” imbuh Lee, dalam siaran resminya.

“Kami optimis, meski dunia tengah menghadapi tantangan berat karena pandemi, bagaimanapun caranya, program ini akan tetap dapat menghasilkan banyak kontribusi yang lebih positif, serta inovasi yang berdampak baik dan berkelanjutan di berbagai aspek kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Dengan terpilihnya ke-10 finalis ini selanjutnya mereka akan dipasangkan dengan mentor yang paling sesuai berdasarkan keahlian yang dibutuhkan masing-masing tim.

Kemudian, tahap mentoring akan diawasi oleh mitra program ini, Instellar dan ICCN, di sepanjang periode Mei hingga Oktober 2020, dan pada akhirnya diharapkan dapat langsung dilanjutkan dengan kegiatan Award Ceremony untuk mengumumkan pemenang program.

Ke-10 finalis startup sosial bakal menerima pendanaan senilai Rp100 juta untuk memperluas usaha sosialnya. Di akhir program, Hyundai akan memberikan pendanaan tambahan kepada empat peserta terbaik, yaitu sebesar Rp500 juta untuk pemenang pertama, Rp250 juta pemenang kedua dan ketiga, dan Rp100 juta bagi pemenang keempat.

Kriteria pemenang ditentukan berdasarkan komitmen partisipasinya selama program, serta kemampuan dalam membuat rencana bisnis yang solid dan dapat ditindaklanjuti, demi menciptakan dampak yang lebih besar atas apa yang tengah mereka lakukan bagi masyarakat. [dp/MTH]

Berikut adalah daftar 10 finalis Hyundai Start-Up Challenge 2020:
– Rumah Mocaf dari Banjarnegara, produsen tepung mocaf bebas gluten yang memberdayakan petani singkong lokal
– Difa Bike dari Yogyakarta, menawarkan layanan mobilitas untuk para penyandang disabilitas
– Kampung Marketer dari Purbalingga, memberikan layanan pemasaran digital untuk UKM, dan di saat bersamaan memberdayakan pemuda setempat
– Biomagg Indonesia dari Depok, berfokus pada pengolahan limbah organik, pengembangan sumber makanan alternatif untuk hewan, pembuatan pupuk dan pembinaan masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga
– Agradaya dari Yogyakarta, produsen rempah-rempah yang bermitra dengan ratusan petani rempah-rempah lokal berskala kecil
– Pictafish dari Sidoarjo, membantu petani ikan dan udang dalam mengelola proses budidaya mereka menggunakan analisis IoT dan Big Data
– Tech Prom Lab dari Bandung, memecahkan masalah lingkungan melalui implementasi penelitian dan inovasi teknologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
– Indigo Biru Baru dari Solo, membuat produk busana siap pakai dengan pewarna alami
– GMB dari Surakarta, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui literasi
– Bandung Bee Sanctuary dari Bandung, sebuah pusat pembudidayaan dan edukasi lebah berbasis teknologi