Yuk Cek Kondisi Aki Mobil di Rumah Aja | dapurpacu.id

Yuk Cek Kondisi Aki Mobil di Rumah Aja


DAPURPACU – Dalam keterbatasan ruang gerak yang diakibatkan himbauan pemerintah untuk tetap beraktivitas di rumah, pemilik mobil tetap harus menjaga kondisinya agar selalu prima saat digunakan.

Pada kasus ini, kondisi aki menjadi penentu kendaraan bisa digunakan atau tidak. Untuk itu, disarankan bagi pemilik mobil rutin menghidupkan mobil dua aau tiga kali dalam satu minggu.

Hal itu dilakukan agar performa aki dalam kondisi terbaik saat digunakan kembali. Ada cara yang paling mudah untuk mengecek kondisi aki, cukup melihat indikator aki di dashboard mobil.

“Bagi pemilik mobil yang sudah lama tidak cek aki, bisa dengan melakukan pengecekan standar melalui indikator yang ada di panel dashboard,” jelas Shop&Drive, dalam keterangan tertulisnya.

Pengecekan aki bisa menggunakan baterei tester, yang tersedia di tiap outlet Shop&Drive.

Dengan pengecekan tersebut dapat dilihat apakah aki mobil bermasalah atau tidak. Selain itu, pengecekan juga dapat dilakukan dengan mengecek indikator elektrolit aki di bagian atas aki.

Bila terlihat warna biru artinya aki masih berfungsi dengan baik, namun apabila terlihat berwarna putih berarti aki hanya kekurangan strum.

Adapun cara termudah untuk mengecek kekuatan aki, dapat dilakukan dengan alat Battery Tester yang dapat mendeteksi daya tanpa perlu melepas aki dari sarangnya. Dan di tiap outlet Shop&Drive menyediakan perangkat tersebut.

Ketika jarum mengarah ke area berwarna hijau, berarti aki masih berfungsi secara normal. Namun jika berwarna kuning artinya peringatan untuk segera diganti.

Tapi, apabila sudah mengarah ke warna merah, berarti sudah saatnya untuk mengganti aki, yang diindikasikan mobil tidak bisa distarter sama sekali. [dp/MTH]