Penutupan Pabrik Hino di Karawang Diperpanjang | dapurpacu.id

Penutupan Pabrik Hino di Karawang Diperpanjang

Perakitan kabin truk Hino di Pabrik Hino Indonesia Purwakarta.

DAPURPACU – PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), per Jumat (8/5) lalu, memperpanjang penghentikan sementara seluruh kegiatan di pabrik miliknya di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

Adapun periode penghentian akan berlangsung hingga 5 Juni 2020 mendatang. Keputusan tersebut terpaksa diambil kembali setelah sebelumnya HMMI telah menutup pabrik perakitan truk dan bus merk Hino.

Penutupan pun dijadwalkan sampai 24 April lalu. Kala itu, Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan keputusan untuk menutup pabrik sementara ini merupakan langkah rencana strategis secara kongkrit di masa tanggap darurat pandemi Covid-19.

“Kami ingin bisa melalui kondisi sulit saat ini bersama-sama dengan semua pemangku kepentingan. Kami akan terus mendukung program pemerintah dan berkontribusi untuk percepatan pemulihan kondisi perekonomian nasional,” kata Aso, dalam siaran resminya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 merosot tajam sebesar 2,97%, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang masih diatas 5%. Kondisi ini juga berdampak pada pasar kendaraan niaga di Indonesia.

Produksi dan Stok Prioritas di Tipe Unggulan
Untuk memenuhi permintaan pasar, Hino mengklaim stok unit tetap aman sesuai permintaan konsumen. Hal ini dikarenakan produksi sudah disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan sesuai prioritas tipe produk yang banyak diminta oleh konsumen.

Selain itu, dealer Hino tetap beroperasi baik itu penjualan, bengkel perawatan maupun penyediaan suku cadang. Meski begitu, seluruh kegiatan operasional dealer tetap menjalankan prosedur aman dan nyaman bagi konsumen dan karyawan.

Tak hanya itu, Hino juga menawarkan program-program layanan purna jual yang lebih ekonomis, agar kegiatan bisnis pemilik truk Hino terus berjalan di masa pandemik seperti saat ini.

Program tersebut seperti servis berkala kelipatan 10.000 km, extra diskon hingga 37% untuk Aki HMSI Original Part (HOP), gratis pengecekan, gratis filter oli, gratis jasa servis ganti oli, serta gratis layanan Home Service.

Ada juga program Servis Hemat Mobil Terawat, untuk perbaikan dan over haul dengan potongan harga Sampai 45% untuk suku cadang dan diskon 20% jasa servis.

Hino juga memberikan promo diskon untuk Strainer Kit menjadi Rp900.000 ribu. Strainer ini berfungsi untuk memperpanjang usia filter kendaraan dengan penggunaan bahan bakar B30. [dp/MTH]