Suzuki Kembali Hentikan Operasional Pabrik Hingga Dua Minggu | dapurpacu.id

Suzuki Kembali Hentikan Operasional Pabrik Hingga Dua Minggu

Kegiatan produksi All New Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang kembali dihentikan hingga 22 Mei 2020.

DAPURPACU – Suzuki Indonesia kembali memperpanjang waktu penghentian sementara kegiatan operasional di tiga lokasi pabriknya, yaitu Cakung, Tambun dan Cikarang, untuk dua minggu ke depan.

Penghentian operasional untuk kali kedua ini berlangsung mulai 11 Mei sampai 22 Mei 2020. Keputusan ini kembali diambil Suzuki mengingat pemerintah telah memperpanjang periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Di sisi lain, langkah ini diambil dalam rangka menerapkan kebijakan ‘Hygiene Commitment’ di lingkungan perusahaan dan diler sebagai upaya antisipatif mencegah penyebaran Covid-19.

Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan bahwa saat ini Suzuki menerapkan protokol kesehatan yang ketat di semua lini, baik di perusahaan, diler maupun pabrik.

“Jadi pedoman keamanan, kesehatan, dan interaksi antarmanusia sangat ketat. Untuk itu, selama dua minggu ke depan kami akan kembali menghentikan sementara semua kegiatan di pabrik,” katanya.

Baca juga:  Kolaborasi Suzuki dan SCRC Distribusikan Donasi APD Buat Tenaga Medis
Operasional dealer fokus pada layanan melalui digital.

Penghentian operasional di ketiga pabriknya itu tidak hanya untuk pemenuhan unit di domestik, juga pengadaan unit ekspor yang pada periode sebelumnya beroperasi selama empat hari untuk memenuhi permintaan di beberapa negara.

Itayama berharap ke depan, Suzuki dapat membuka kembali operasional pabrik dengan normal agar bisa terus berkontribusi secara aktif bagi perekonomian Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, Suzuki berencana melakukan studi dan mempertimbangkan bagaimana agar operasional pabrik bisa berjalan dengan tetap menerapkan protokol keamanan dan keselamatan yang ketat.

“Seperti pengaturan jarak aman di line produksi atau interaksi antar karyawan. Pada prinsipnya kami sangat berhati-hati dan mengikuti aturan pemerintah demi keselamatan bersama,” tutup Itayama.

Meski begitu, Suzuki tetap memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selama perpanjangan periode penghentian sementara ini.

Fokus Layanan Digital

Baca juga:  Kolaborasi Suzuki dan SCRC Distribusikan Donasi APD Buat Tenaga Medis


Di samping memprioritaskan keselamatan karyawan, Suzuki tetap fokus pada kualitas layanan pelanggan. Berbagai layanan tetap dapat diakses oleh pelanggan seperti Halo Suzuki, aplikasi My Suzuki, serta website www.suzuki.co.id.

Untuk mengakses Halo Suzuki, pelanggan bisa menghubungi nomor 0800-1100-800 dan meminta bantuan seperti Home Serive, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA).

Selain itu, ada juga layanan digital Suzuki seperti website www.suzuki.co.id dan aplikasi My Suzuki untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta website Auto Value www.autovalue.co.id untuk mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online.

Tentu semua layanan tersebut telah memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19. [dp/MTH]