Bodi Kinclong Maksimal Dengan Budget Minimal | dapurpacu.id

Bodi Kinclong Maksimal Dengan Budget Minimal


DAPURPACU – Tiga bulan sudah kendaraan terparkir ‘manis’ di garasi karena diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar di berbagai wilayah di Indonesia. Dipastikan mobil butuh perawatan khusus termasuk pada bodinya.

Seiring dilaksanakannya PSBB transisi, masyarakat pun mulai beraktivitas kembali dengan menggunakan kendaraan pribadi, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Agar kendaraan siap digunakan kembali dalam kondisi apik dipandang mata, diperlukan perlakuan khusus dan tidak cukup hanya dengan mencuci bodinya saja.

Menurut Marchel, pemilik Callys Car Beauty, mobil yang terparkir di garasi bisa saja terlihat bersih bukan berarti kendaraan itu bebas dari jamur, baik di bodi maupun pada kaca.

“Ini disebabkan iklim di Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, ditambah seringnya perubahan cuaca dari panas ke hujan secara tiba-tiba,” kata Marchel.

“Hembusan partikel debu polusi udara yang menempel pada bodi kendaraan akan membuat kondisi cat kendaraan menjadi lebih cepat kusam dan berjamur,” tambah pemilik car care di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan ini.

Untuk itu, lanjutnya, disarankan agar para pemilik kendaraan, khususnya mobil, walaupun tidak digunakan untuk beraktivitas tetap melakukan perawatan sederhana, minimal membersihkan bodi 1 atau 2 hari sekali dengan menggunakan lap microfiber.

Menurutnya, lap jenis ini memiliki daya resap yang besar, baik terhadap air maupun kotoran atau debu halus. Nantinya kotoran atau debu akan masuk ke dalam lapisan fiber kain dan tidak menyebabkan cat kendaraan tergores saat melakukan pengelapan berulang-ulang.

“Hal ini berbeda dengan lap sintetis chamois yang cenderung dapat membuat lecet bodi kendaraan, dikarenakan kotoran atau debu akan tetap menempel pada permukaan lap tersebut,” jelas Marchel.

Bagi kendaraan yang bodinya sudah didetailing atau sudah pernah di coating, pemilik racikan Callys Super Glossy ini menjelaskan sebaiknya hindari penggunaan shampoo mobil yang ber-Ph tinggi.

Sebab, kandungan Ph pada shampoo mobil biasanya memiliki reaksi yang negatif terhadap bahan dasar poles detailing maupun coating. Cukup siram dengan air bersih lalu keringkan dengan lap microfiber.

“Ketika body sudah di detailing atau coating maka ada lapisan yang melindungi cat kendaraan, sehingga kotoran yang menempel hanya ada di luar lapisan poles atau coating, jadi cukup gunakan air bersih saja untuk meluruhkan kotoran tersebut,” ujarnya.

Punya Racikan Khusus
Marchel mendirikan Callys Car Beauty sejak 2019 dan diklaim siap melayani berbagai kebutuhan pemilik kendaraan yang ingin memanjakan tampilan bodi kendaraannya, mulai dari Auto Detailing, Coating, Pelapis Anti-Karat sampai dengan pengecatan ulang kendaraan.

Khusus untuk layanan Auto Detailing dan Coating, Callys Car Beauty punya resep khusus yang merupakan racikan Marchel sendiri. Bahkan dia mengklaim hasil coating dari workshop-nya berkualitas 10H yang super glossy.

Andri, salah satu pelanggan Callys Car Beauty, mengaku puas Hyundai Avega miliknya kembali kinclong seperti baru dan efek hydrophobic pada permukaan bodi mobil bikin dirinya kagum.

Awal kedatangannya ke sana pun atas rekomendasi teman yang merekomendasikan warna mobil mengkilap seperti baru tanpa cat ulang, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

“Setelah di coating saya kaget sendiri ini Avega tua keluaran 2007 milik saya kembali bisa kinclong seperti baru,” ungkap Andri.

Marchel mengaku dirinya membuka workshop ini karena ingin membantu pemilik kendaraan yang punya budget terbatas tapi ingin bodi kendaraannya tetap terawat dengan hasil yang maksimal.

Untuk harga, Marchel mematok kocek Rp700 ribu bisa mendapatkan layanan full detailing pada kendaraan kategori kecil (small car). Sementara bagi konsumen yang ingin coating saja, cukup siapkan Rp1,5 juta Anda bisa mendapatkan layanan Diamond Coating 10H (2 layer).

“Kami juga masih menyiapkan tambahan layanan antar pulang ke rumah gratis bagi pelanggan yang mobilnya menginap di workshop kami lho!“ tutup Marchel.

Adapun workshop Callys Car Beauty sendiri berada di Jl. BRI Radio Dalam (belakang Kost Griya Gandaria). Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Marchel di nomor 081298446303. [dp/MTH]