Safety Car F1 Mercedes-AMG ini Hadirkan Livery Baru | dapurpacu.id

Safety Car F1 Mercedes-AMG ini Hadirkan Livery Baru


DAPURPACU – Mercedes-AMG GT R langsung memulai ‘tugasnya’ memimpin jalannya balapan Formula 1 tahun ini di Spielberg, Austria. Seri perdana yang digelar akhir pekan ini pasca ditangguhkan akibat pandemi, Lewis Hamilton kembali menunjukkan kepiawaiannya pada free practice 1.

25 tahun sudah Mercedes-Benz terus mengawal jalannya balap jet darat itu dengan lini produk AMG sebagai ‘armada’ safety car. Seperti tahun-tahun sebelumnya, warna Silver Arrow klasik berikut elemen hitam terus membalut sekujur bodi.

Namun untuk tahun ini, livery baru hadir dengan membawa pesan moral yakni sosial dan bertanggung jawab, serta (tentunya) mempromosikan inklusivitas.

Visual terkini lainnya, terdapat corak pelangi pada bagian samping dan kap mesin, serta terdapat kampanye hashtag #WeRaceAsOne, sebagai pengganti #BLM (Black Lives Matter).

Nantinya, tagar tersebut juga digunakan di seluruh mobil pebalap sebagai bentuk dukungan moral atas kasus George Floyd beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Ikut Balap Urban, Peugeot e-208 Raih Kemenangan di Lithuania

Selain itu, pada AMG GT R juga disematkan tagar #PurposeDriven, yang merupakan simbol FIA dalam menyuarakan ‘Keselamatan, Keseimbangan, Kesetaraan gender, dan Keberagaman’.

Mobil sport dua pintu itu mengusung mesin V8 Biturbo 4.000 cc, dengan tenaga 576 hp dan torsi puncak 700 Nm. Konfigurasi ini membuat akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 3,6 detik.

Kecepatan maksimum mobil ini tercapai dalam 318 km/jam. Nantinya, AMG GT R disandingkan dengan Mercedes-AMG C 63 S Estate yang berperan sebagai mobil medis.

Mercedes-AMG GT R akan dikemudikan oleh Bernd Mayländer, nama yang tidak asing bila Anda fans sejati F1. Bernd selama ini bertanggung jawab menjadi pengemudi safety car selama dua dekade (2000). [dp/MTH]