Masuki Tahun Ketiga, Berikut Kiprah Wuling di Indonesia | dapurpacu.id

Masuki Tahun Ketiga, Berikut Kiprah Wuling di Indonesia


DAPURPACU – Tepat 11 Juli 2020 lalu, Wuling Motors berusia tiga tahun dalam kiprahnya meramaikan pasar otomotif di Indonesia, sejak pabrikan asal Tiongkok itu resmi beroperasi pada 11 Juli 2017 silam.

Cukup diakui, eksistensinya cukup ‘mengubur dalam-dalam’ anggapan miring masyarakat akan produk Cina yang tergolong ‘asal-asalan’ dalam membuat sebuah produk.

Wuling memulai langkahnya di Tanah Air sejak ground-breaking fasilitas pabrik dan supplier park seluas 60 hektar di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Agustus 2015.

Setelah itu, pabrik Wuling mulai memproduksi model pertamanya yaitu Confero yang langsung disambut positif oleh publik. Pengoperasian perdana pabrik pada 11 Juli 2017, dijadikan sebagai hari jadinya di Indonesia.

Selain Confero, selama kurun waktu tersebut, Wuling telah melepas tiga model lainnya diantaranya Cortez, Formo sebagai kendaraan niaga ringan, sedangkan satunya lagi berjenis sport utility vehicle (SUV) yaitu Almaz.

Pengembangan pun terus dilakukan, mulai dari jaringan dealer yang hingga kini mencapai 116 outlet di seluruh Indonesia, sampai model-model pembaharuan seperti Confero edisi terbatas, serta Almaz yang kini dilengkapi teknologi Wuling Indonesian Command (WIND).

Fitur WIND sendiri merupakan teknologi perintah suara (voice command) Bahasa Indonesia pertama yang diaplikasikan pada model-model mobil di Tanah Air.

Nathan Sun, Vice President Wuling Motors mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi perkembangan bisnis Wuling. Untuk itu, lanjut Nathan, pihaknya sangat mengapresiasi semua dukungan yang telah diberikan oleh para konsumen serta mitra Wuling selama kurun waktu tiga tahun.

“Kami akan terus mewujudkan komitmen kami bagi negeri melalui ragam produk andalan, serta layanan terbaik sesuai dengan tema ‘Bring the Best for Indonesia’ yang kami bawa dalam perayaan tahun ini,” imbuhnya.

Dari sisi penjualan, performa pabrikan yang dimiliki oleh joint venture SAIC Motor dengan General Motors itu tergolong moncer, dengan pencapaian menuju angka 50 ribu unit.

Dari data Gaikindo yang dilansir dari Mobil123.com, disebut bahwa dalam kurun waktu tiga tahun, penjualan retail Wuling membukukan 43.990 unit. Sementara dari sisi wholesales tergapai angka penjualan sebanyak 46.209 unit.

Berikut beberapa peristiwa penting dari eksistensi Wuling Motors di Indonesia selama kurun waktu tiga tahun ini:
– Confero, produk pertama Wuling yang berada di segmen MPV, diperkenalkan pada Agustus 2017 dan telah mendapatkan tiga penghargaan
– Wuling Cortez pada Februari 2018 yang kini telah dianugerahi lima penghargaan
– November 2018, Wuling menghadirkan Formo yang masuk di segmen Light Commercial Vehicle
– Wuling memutuskan untuk melangkah ke segmen SUV dengan menghadirkan Almaz pada Februari 2019. Platform SUV ini sudah populer di berbagai belahan dunia seperti Timur Tengah, India, hingga Amerika Selatan.
– Masih dengan Almaz, Wuling menghadirkan sebuah inovasi istimewa melalui teknologi WIND yang mulai diniagakan pada ajang GIIAS 2019 lalu. Melalui Almaz, Wuling berhasil mendapatkan enam penghargaan, termasuk dua predikat Car of The Year yang diberikan oleh FORWOT dan Gridoto pada tahun lalu.
– Wuling pun semakin memperluas pasarnya di mancanegara dengan melakukan kegiatan ekspor produk berbasis SUV pada September 2019.
– Wuling Finance mulai beroperasi sejak 9 Mei 2019

Aplikasi MyWuling+ turut mempermudah konsumen mendapatkan ketiga program itu.

Dari sisi layanan penjualan maupun purnajual, Wuling memiliki aplikasi MyWuling+ untuk memudahkan konsumen mengakses berbagai layanan berbasiskan digitalisasi.

Pada aplikasi itu, Wuling berupaya menghubungkan antara satu pelanggan dengan yang lainnya, serta menyajikan informasi terbaru via aplikasi di smartphone, sehingga Wuling dapat senantiasa mendekatkan diri dengan para konsumennya.

Tak kalah penting adalah kegiatan CSR Wuling dengan menggandeng Rumah Zakat dan terlibat aktif dalam memerangi Covid-19 di Indonesia. Wuling pun menjadi mitra resmi Bali United FC. [dp/MTH]