Penjualan Suzuki Terus Membaik, Raih Pangsa Pasar 14 Persen | | dapurpacu.id

Penjualan Suzuki Terus Membaik, Raih Pangsa Pasar 14 Persen

New Carry Pick Up terus berkontribusi besar pada penjualan Suzuki di tengah pandemi ini.

DAPURPACU – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus menunjukkan perbaikan dalam performa penjualannya di tengah pandemi ini. Tercatat hingga Juni lalu, Suzuki diklaim mengalami peningkatan pangsa pasar yang cukup baik dibandingkan bulan sebelumnya.

Disebutkan, pencapaian kenaikan Suzuki tercatat dari 12,9 persen pada Mei menjadi 14,1 persen di bulan lalu. Performa positif ini dikontribusikan penjualan New Carry dan XL7.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas di masa pandemi ini.

Seiring kegiatan masyarakat dan logistik yang sudah berangsur pulih, lanjut Donny, rencana tersebut bisa terealisasikan untuk mendukung aktivitas dan mobilitasnya.

“Dukungan dari perusahaan leasing seperti Suzuki Finance, turut meningkatkan pangsa pasar Suzuki di industri otomotif nasional,” imbuh Donny, dalam siaran resminya, Senin (20/7) lalu.

Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8%. Disusul XL7 sebesar 13,5% dan All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1%.

Baca juga:  Apresiasi Suzuki Buat Konsumennya di IMX 2020

Selain itu, model-model Suzuki lainnya seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis, memberikan kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan lalu.

Merujuk data di atas, di masa transisi ini, penggunaan kendaraan komersial seperti New Carry Pick Up, terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang.

“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7,” tambah Donny.

Sebagai informasi, data Gaikindo menyebutkan penjualan (whole sales) sepanjang Juni 2020 melonjak menjadi 12.623 unit, dari sebelumnya hanya 3.551 unit pada Mei.

Sementara Suzuki mampu menempati posisi kedua di antara Toyota dan Mitsubishi dalam penjualan terbanyak bulan itu, sebanyak 2.755 unit. [dp/MTH]