Ikut Balap Urban, Peugeot e-208 Raih Kemenangan di Lithuania | dapurpacu.id

Ikut Balap Urban, Peugeot e-208 Raih Kemenangan di Lithuania


DAPURPACU – Salah satu model listrik Peugeot berhasil meraih prestasi di ajang balap mobil listrik di Lithuania. Pada ajang “Ignitis ON: get to know Lithuania“, e-208 mampu menorehkan waktu tercepat.

Dikemudikan oleh Vitoldas Milius dan Aidas Bubinas, Peugeot e-208 berhasil menempuh jarak 300-an km pada kelas kapasitas baterai di bawah 50 kWh.

Total 22 kendaraan full listrik (EV) dari berbagai merek turut ambil bagian, dan terbagi dalam dua kategori berdasarkan kapasitas baterai yaitu hingga 50 kWh dan lebih dari 50 kWh.

Sebelum balap dimulai, setiap peserta diberikan lima pilihan checkpoint, dan harus mengunjungi tiga lokasi dari checkpoint yang ditentukan dengan mengatur rute mereka secara mandiri.

Seluruh peserta balap harus berkendara sejauh 300-an km, mulai dari Milius hingga Druskininkai. Vitoldas dan Aidas berhasil mengalkulasi jarak secara sempurna dengan total jarak tempuh 305 km.

Baca juga:  Alihfungsikan Fasilitas Pabrik, Peugeot Global Produksi Masker Bedah

Secara garis besar, kecepatan laju maksimum kendaraan tiap peserta mengacu pada regulasi (130 km/jam), dengan tetap menjaga keoptimalan penggunaan baterai mobil dan kecepatan.

Hasilnya, Peugeot e-208 dapat menempuh jarak 305 km pada kurun waktu 3 jam 59 menit, atau lebih cepat 4 menit dibanding dengan juara kedua di kelas tersebut.

“Seperti yang kami rencanakan, mobil ini dapat menempuh jarak 300 km tanpa pengecasan tambahan. Kami memilih berkendara secara efisien,” kata Milius.

Melibas Trek Perkotaan
Hasil dari balapan mencatatkan Peugeot e-208 secara rata-rata mengonsumsi 13,6 kWh/100km. Pencapaian itu mendekati hasil pengujian WLTP yaitu 13,3 kWh/100km.

Menariknya, sebagian besar jarak 305 km yang ditempuh merupakan jalan umum antar kota. Kurang dari 25%-nya adalah jalan bebas hambatan dan jalanan perkotaan sangat sedikit dilalui.

Adapun kecepatan rata-rata yang ditempuh e-208 mencapai 76 km/jam. Saat mencapai finis, komputer pada mobil masih menunjukan 5 km sisa jarak yang dapat ditempuh dari baterai yang digunakan. [dp/MTH]