Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Home Service | dapurpacu.id

Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Home Service


DAPURPACU – PT Pertamina Lubricants meluncurkan program Enduro Home Service (EHS) sekaligus meresmikan bengkel Enduro Express di SMK Muhammadiyah I Padang, Sumatera Barat, pada Juli lalu.

Diluncurkannya kembali program ini merupakan upaya Pertamina Lubricants dalam kontribusinya terhadap pengembangan sumber daya berprestasi, khususnya para pelajar SMK.

EHS merupakan program kerja sama dengan pihak SMK yang memiliki jurusan otomotif/Bengkel Motor di Indonesia, yang memberikan berbagai pelatihan kepada siswa.

“EHS bertujuan membangun mental entrepreneurship yang nantinya dapat menjadi bekal dimasa depan, sehingga SDM di Indonesia dapat tetap produktif, mandiri dan dapat memberikan kontribusi,” ujar Iwan Ridwan Faizal, Corporate Secretary Pertamina Lubricants.

Adapun pelatihan yang diberikan yakni pelatihan product knowledge tentang pelumas dan sistem pelumasan, sales technique, manajemen pemasaran dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship).

Dengan serangkaian pelatihan ini diharapkan peserta/siswa SMK dapat memberikan jasa layanan yang mampu dimanfaatkan dan membantu masyarakat yang membutuhkan perbaikan atau servis ringan dari rumah.

Di masa pandemi ini, seluruh kegiatan pelatihan teori dilakukan secara digital dan pelatihan bersifat teknis ditempat akan tetap berlangsung dengan menerapkan protokol Covid-19, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat secara disiplin.

Dalam kerja sama ini, Pertamina Lubricants juga memberikan bantuan ruang belajar secara real, yakni penyediaan bengkel Enduro Express yang dibangun di area sekolah dan telah dilengkapi peralatan (toolkits) dan paket Pelumas Pertamina Enduro Series.

Dengan begitu bengkel dapat berfungsi secara optimal sebagai tempat belajar berwirausaha, dengan mengelola bengkel, menjual pelumas dan perawatan atau servis ringan, serta ganti oli motor kendaraan roda dua.

EHS batch pertama melibatkan siswa kelas XI dan kelas X yang mengikuti mata pelajaran otomotif dan kewirausahaan. Setiap siswa ditugaskan mencari 10 customer dan melakukan pendataan layanan sepeda motor yang diinginkan.

Lalu, siswa berkoordinasi dengan bengkel Enduro Express di sekolah untuk dipinjamkan peralatan servis dan wearpack yang dapat digunakan, saat melakukan layanan dari rumah ke rumah yang menjadi persyaratan kelulusan mata pelajaran kewirausahaan ini.

“Diharapkan ESH dapat menjadi wadah pembelajaran yang positif dalam bidang otomotif dan dapat menumbuhkan semangat serta motivasi belajar dan bekerja,” pungkas Iwan.

EHS merupakan pengaplikasian program Link & Match Inisiasi dari Kementerian Perindustrian yang telah berjalan oleh Pertamina Lubricants sejak 2019 dan sudah melibatkan 23 SMK di penjuru negeri.

Peluncuran bengkel dihadiri Fuad Asiffa, Sales Area Manager Retail Sumbar, Riau dan Kepri Pertamina Lubricants, Drs. Zulkamil, M.T. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah I Padang dan Amriman S.pd, M.M. Ketua Yayasan Muhammadiyah Padang.

Seremoni peresmian disaksikan juga perwakilan siswa peserta EHS jurusan otomotif kendaraan ringan/teknis perbengkelan SMK Muhammadiyah I Padang. [dp/MTH]