Dovizioso Pertahankan Supremasi Ducati di MotoGP Austria | dapurpacu.id

Dovizioso Pertahankan Supremasi Ducati di MotoGP Austria


DAPURPACU – Andrea Dovizioso mampu mempertahankan kelihaiannya untuk menapaki podium utama di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (16/8). Tak hanya Dovi, Jack Miller pun berhasil mempersembahkan podium buat Ducati.

Dengan kemenangan di MotoGP Austria ini menjadi kali kelima secara berturut-turut bagi pabrikan motor asal Italia tersebut sejak 2016. Sementara untuk Dovi, ini menjadi podium ketiganya.

Sedangkan pemegang pole Maverick Vinales harus puas berada di urutan ke 10. Atas hasil tersebut, posisi Dovi makin mendekati pemuncak sementara klasemen Fabio Quartararo.

Suzuki pun patut berbangga dengan pencapaian Joan Mir yang finis kedua di seri ini. Podium ini menjadi yang pertama bagi Mir. Disusul Brad Binder di urutan keempat dan Valentino Rossi menutup lima besar.

Balapan sempat terhenti setelah steward mengibarkan bendera merah, pasca tabrakan hebat yang terjadi antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di lap kesembilan.

Baca juga:  Permintaan Test Drive Meningkat, Suzuki Optimalkan Pelayanan

Starting up berubah mengikuti posisi lap ke 8, di mana Pol Espargaro kembali harus bertarung dengan Miller dan Dovi. Keuntungan ini jelas dimanfaatkan juga oleh riders Suzuki, Alex Rins yang berada di baris kedua.

Lagi-lagi pertarungan awal berhasil dimenangkan oleh Miller berkat komposisi ban yang tepat, dan mampu menjauh dari Dovi hingga satu detik di belakang. Bukan Pol namanya bila harus mengalah.

Pol terus memaksimalkan kekuatan RC16 yang secara perlahan terus mendekati rombongan terdepan yang diisi dua riders Ducati dan Suzuki. Sayangnya, Pol harus menyudahi balapan akibat bersinggungan dengan Miguel Oliveira pada lap 9.

Performa Suzuki yang ditampilkan oleh Rins terbilang cukup ampuh saat terus membuntuti dua rider Ducati di depan. Terus mendapat pengawalan ketat dari Mir, Rins mampu merangsek melewati Miller dan berada dekat dengan Dovi.

Keberuntungan nampaknya tidak berpihak pada Rins. Dia terjatuh akibat tergelincir dan membuat Mir berada di belakang Dovi.

Baca juga:  Permintaan Test Drive Meningkat, Suzuki Optimalkan Pelayanan

Terkendala grip ban yang semakin habis, posisi Miller akhirnya berhasil diambil Dovi. Bahkan tersisa satu tikungan terakhir, posisinya kembali direbut Mir hingga akhirnya finis di urutan ketiga.

Bagi Dovizioso, kemenangan menjadi podium ke-50 yang dirinya persembahkan buat Ducati, sebelum musim tahun depan (2021) tidak lagi bersama Ducati. [dp/MTH]