Wuling Confero S, Model Pembuka Kesuksesan Pabrikan Cina | dapurpacu.id

Wuling Confero S, Model Pembuka Kesuksesan Pabrikan Cina


DAPURPACU – Wuling Confero merupakan mobil perdana Wuling Motors, sekaligus model ‘pendobrak’ rasa kepercayaan masyarakat kepada produk-produk keluaran pabrikan Cina.

MPV racikan pabrikan yang dimiliki oleh joint venture SAIC Motor dengan General Motors itu, pun langsung diserap positif publik Tanah Air hingga kini, sejak dimunculkan pada 2017 silam.

Kehadiran Confero yang ‘terjun’ di pasar tergemuk di Tanah Air, sontak langsung membuat para pemain lawas pun dibuat pusing. Bagaimana tidak, dengan amunisi yang tidak bisa dianggap remeh, Confero pun cukup ‘pede’ menghadapi para pesaingnya.

Maka tidak salah bila hingga kini memasuki tahun ketiga eksistensinya di Indonesia, model ini terus berkontribusi besar pada penjualan Wuling, diantaranya model Wuling lainnya.

Fokus sebagai kendaraan keluarga yang memberikan kenyamanan untuk ke tujuh penumpangnya, baik dari sisi fitur-fitur berlimpah, Confero S jelas masih ada ‘amunisi’ lainnya.

Amunisi tersebut tentunya dengan membubuhkan beragam fitur demi mewujudkan kesenangan saat berkendara. Plus yang paling signifikan adalah banderol yang sangat ‘ramah’ bagi konsumen.

Tidak seperti saat pertama kali diluncurkan, saat ini Confero S hanya menawarkan tiga varian dengan perlengkapan amunisi yang makin ditonjolkan, mulai dari Confero S 1.5 C, Confero S 1.5 L MT, dan Confero S 1.5 L ACT.

Baca juga:  Wuling Cortez CT Type S, Harga Low Fitur High

Dari sisi kelengkapan fitur, untuk Confero S 1.5 C menjadi varian ‘bungsu’ dengan amunisi yang cukup lengkap di kelasnya. Salah satu fitur paling diunggulan adalah adanya Emergency Stop Signal (ESS).

Fitur tersebut lazimnya terpasang pada mobil-mobil dari pabrikan ‘berlebel’ premium, baik merek Jepang maupun Eropa. Andai fitur ini terpasang, paling tidak tersedia untuk varian teratas saja.

Fungsi utama dari fitur ini yaitu saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard secara otomatis berkedip dengan cepat. Hal ini untuk memberikan semacam peringatan kepada pengendara lain di belakang untuk mengurangi risiko tabrakan.

Masih ditambah lagi dengan fitur empat titik sensor (4-Points Rear Parking Sensor), yang dipasangkan pada bumper belakang untuk melakukan pendeteksian jarak antara obyek luar dengan area belakang kendaraan.

Tak hanya itu, fitur lainnya adalah mengetahui seberapa besar tekanan angin ban yaitu Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Informasinya tertera pada layar MID pada panel meter, yang menunjukkan tekanan angin ban dalam satuan Bar.

Bila tekanan angin ban berkurang atau tidak sesuai standar, secara otomatis akan berkedip. Dengan begitu pengemudi dapat langsung menuju stasiun pengisian angin untuk menambahkannya.

Baca juga:  Wuling Cortez CT Type S, Harga Low Fitur High

Kemudian, untuk pendukung performa pengereman, disusupkan fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Anti-lock Braking System (ABS). Kedua fitur ini secara elektronik mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai dengan kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan.

Sementara fitur ABS berfungsi mencegah roda terkunci dan kendaraan kehilangan kendali, ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, misalnya ketika mengerem di permukaan jalan yang licin atau basah.

Untuk memberikan kenyamanan sekaligus keamanan selama berkendara, Wuling Motors membekali Confero S 1.5 C dengan Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, serta seatbelt hingga ke kursi baris ketiga.

Tingkat keamanan si kecil pun makin terjaga dengan adanya ISOFIX, yang berfungsi mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan. Fitur ini tersedia di jok baris kedua. Auto door lock by Speed, di mana seluruh pintu akan terkunci secara otomatis pada kecepatan tertentu.

Dibekali Transmisi Semi Manual
Sedangkan untuk varian lainnya yakni Confero S 1.5 tipe L, Wuling memasangkan fitur-fitur tambahan seperti ban belakang yang telah dipasangkan perangkat cakram, guna memaksimalkan pengereman.

Baca juga:  Wuling Cortez CT Type S, Harga Low Fitur High

Selain tambahan dua titik sensor pada bumper depan, varian ini telah dipasangkan kamera mundur untuk memudahkan pengemudi saat parkir atau mundur. Kamera terintegrasi pada layar sentuh head unit di dashboard.

Pada sektor mesin, di balik kap mesin Confero S ditanamkan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan penggerak roda belakang. Dua pilihan transmisi tersedia, yakni manual 5-percepatan dan transmisi e-clutch.

Fitur yang diberi nama Automatic Clutch Transmission ini menjadi anggota baru di keluarga Confero dengan ‘amunisi’ yang berbeda tentunya. Berbekal transmisi ‘lawas’ ala Porsche Sportomatic lansiran 1967, fitur ini dapat dikatakan menjadi yang pertama di Indonesia.

Transmisi yang diusung memang bukan model konvensional khas mobil-mobil bertransmisi matik pada umumnya, yang biasanya mengandalkan otomatis 4-percepatan atau CVT, melainkan semi manual 6-percepatan tanpa pedal kopling.

Wuling Confero S menawarkan lima pilihan warna yaitu Dazzling Silver, Aurora Silver, Pristine White, Starry Black dan Carnelian Red.

Untuk banderol, tipe Confero S 1.5 C dilepas seharga Rp174,5 juta, Confero S 1.5 L MT Rp188,5 juta dan Confero S 1.5 L ACT Rp197,5 juta on the road Jakarta. [dp/MTH]