Segmentasi Terpanas, Wuling Almaz 'Pede' Berbekal Fitur Lengkap | dapurpacu.id

Segmentasi Terpanas, Wuling Almaz ‘Pede’ Berbekal Fitur Lengkap


DAPURPACU – Saat peluncuran perdananya di awal tahun 2019, PT SGMW Motor Indonesia sebagai pemegang merek Wuling (Motors) di Tanah Air, cukup jitu menggelontorkan Almaz untuk mengisi segmen ‘terpanas’ selain pasar mobil MPV.

Bagaimana tidak, pasar medium SUV ini cukup banyak dijejali produk-produk dari para pabrikan Jepang. Namun, Wuling nampaknya percaya diri berkat penyematan nama Almaz, yang dalam bahasa Arab-nya bermakna berlian.

Wuling pun memaknai kata berlian di sini mengandung filosofi stylish, tough and precious, yang dapat dikatakan seiring denga tagline yang diusung Almaz yakni Drive Unlimited Way.

Sebagai produk SUV pertama Wuling di Indonesia, sudah barang tentu Almaz dibekali yang menonjolkan konsep smart dan teknologi SUV dengan keunggulan, seperti smart multimedia, mesin turbo bertenaga serta teknologi CVT terkini.

Namun, dari sekian banyak fitur yang disematkan, sudah barang tentu Wuling Indonesian Command (WIND) menjadi terobosan terkini dalam menghadirkan inovasi pertama di Indonesia.

Fitur perintah suara berbahasa Indonesia itu menjadi yang pertama ada di Tanah Air, sementara untuk fitur serupa biasanya menggunakan bahasa internasional (red: Inggris), dan lazimnya disematkan pada mobil-mobil bermerek premium.

Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk menghidupkan serta mematikan mesin, juga mengoperasikan beberapa fitur lain seperti membuka panoramic roof, mengatur suhu kabin dan masih banyak lagi lainnya.

Oiya, Wuling Almaz hadir dalam dua tipe yaitu Exclusive dan Smart Enjoy, dengan mengusung mesin yang sama 1.500 cc 4 silinder yang didukung turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan torsi puncak 250 Nm pada 1.600 hingga 3.600 rpm..

Dua opsi kapasitas penumpang juga ditawarkan oleh Almaz Exclusive, yakni 5 dan 7 seater. Sementara untuk varian Smart Enjoy diberikan pilihan transmisi manual 6-speed dan otomatis delapan-percepatan manual simulation.

Dijejali Fitur Keselamatan Mumpuni
Meski hadir sebagai pendatang baru, Wuling Motors tidak main-main untuk urusan keamanan berkendara. Karena itu, beragam fitur keselamatan dipasangkan pada Almaz.

Untuk keamanan di kabin, dua kantung udara tersedia untuk pengemudi dan penumpang depan. Plus fitur pengingat sabuk pengaman di depan yang menyala saat tidak dikenakan oleh pengemudi maupun penumpang depan ketika mobil berjalan.

Kemudian ada fitur Automatic Vehicle Holding (AVH), yang dapat menahan laju mobil saat menemui jalan menanjak atau menurun di tengah lalu lintas yang padat. Di sini, pengemudi terbebas dari pedal rem yang harus diinjak berulang-ulang saat kondisi stop and go (macet).

Untuk mengaktifkan fitur ini, tombol AVH berada di bawah fitur Electronic Parking Brake (EPB). Ditambah lagi adanya Hill Hold Control (HHC), yang bisa mempertahankan posisi mobil saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik.

Adanya fitur tersebut memberikan rasa aman terutama bagi pengendara pemula. Kendaraan tidak langsung meluncur mundur di tanjakan selama beberapa detik tanpa menginjak rem.

Sedangkan fitur keamanan aktif meliputi rem cakram di seluruh roda, Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Electronic Stability Control, 4-Points Rear Parking Sensor, dan Emergency Stop Signal.

Wuling Almaz tipe Smart Enjoy juga telah dibekali fitur Rear Parking Camera. Saat tuas transmisi berada pada posisi mundur (R), secara otomatis layar monitor akan menampilkan hasil kamera belakang.

Pengendara juga dipermudah dengan adanya garis pembantu dan sonar yang aktif, sehingga parkir di tempat sempit menjadi lebih mudah dan terukur.

Bagi Anda ingin memiliki tipe Exclusive, dari seluruh fitur keselamatan dan keamanan aktif di atas, masih ditambah lagi dengan :

Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
Menampilkan tekanan angin pada keempat ban dalam satuan bar di layar MID. Fitur yang telah disematkan Wuling sejak produk pertamanya yakni Confero, sangat membantu penggunanya. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau rendah).

360 Camera
Fitur ini serupa dengan rear camera parking pada tipe Smart Enjoy. Namun perbedaannya hasil gambar yang ditampilkan berdasarkan keempat sisi kendaraan yakni depan, belakang, kanan dan kiri.

Melalui head unit Almaz berukuran besar (10,4 inci), akan memunculkan gabungan empat gambar menjadi perspektif bird’s eye view. [dp/MTH]

Berikut harga Wuling Almaz 2020 untuk wilayah Jakarta
– Almaz Smart Enjoy 6MT Rp 266.800.000
– Almaz Smart Enjoy CVT Rp 278.800.000
– Almaz Exclusive 5-seater Rp 331.800.000
– Almaz Exclusive 7-Seater Rp 341.800.000