Pelek Lokal Karya Anak Bangsa ini Siap Mendebut di IMX 2020 | dapurpacu.id

Pelek Lokal Karya Anak Bangsa ini Siap Mendebut di IMX 2020


DAPURPACU – Ajang Indonesia Modification Expo (IMX) digelar memang untuk mendongkrak performa produk-produk aftermarket lokal. Upaya inilah yang terus digencarkan oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sebagai inisiator even.

Dengan begitu diharapkan IMX yang tahun ini memasuki kali ketiga penyelenggaraannya, dapat memberikan panggung bagi para pelakunya dalam rangka menggairahkan dunia modifikasi Tanah Air.

KARMA Bodykit dan produk lampu Yoong Motor Group dapat dikatakan menjadi ‘pilot project’ IMX untuk mengangkat pamor produk lokal agar lebih dikenal para pecinta modifikasi.

Untuk even yang bakal digelar pada 10 Oktober nanti ini, giliran pelek aftermarket lokal garapan Garasi Drift yang bakal dimunculkan ke hadapan penonton secara virtual.

DnZ Wheels digarap penuh oleh anak bangsa dan diklaim memiliki kualitas internasional. Varian Type One dijadwalkan bakal mendebut sekaligus mulai dipasarkan secara umum di IMX nanti.

Istimewanya lagi, penjualan DnZ Wheels nanti masuk dalam program Exclusive Release IMX. Artinya untuk penjualan gelombang pertama velg itu dilakukan via IMX Digital Market pada platform Shopee Indonesia.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150

Ziko Harnadi dari Garasi Drift menyebutkan bahwa konsep desain yang diusung DnZ Wheels arahnya seperti velg racing Jepang one piece yang sporty sesuai favorit para pecinta modifikasi.

“Velg-velg tersebut biasanya dibuat dengan desain yang tidak neko-neko tetapi karaternya kuat. Sehingga desainnya bisa cocok dimasukkan ke mobil apa saja,” ujar Ziko.

Ziko mengklaim hadirnya DnZ Wheels juga berangkat dari mahalnya harga velg racing asal Jepang yang ditawarkan di Indonesia. Untuk itu, pelek ini hadir untuk menjawab keinginan konsumen dengan kualitas serta desain yang setara, dan ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

“Harapannya semua penyuka modifikasi bisa menikmati velg berkualitas tinggi dengan desain dan harga terbaik,” imbuhnya sembari menyebutkan banderol Rp5,8 juta untuk per set.

DnZ Wheels Type One membawa desain jari-jari palang 10 yang dirancang center bore posisinya lebih ke dalam dibanding bibir velg. Keuntungan desain seperti ini membuat velg terlihat kekar dan memiliki pembagian bobot seimbang.

Selain itu, pelek tersebut juga bisa diterapkan offset/et yang umum untuk beragam mobil, dengan diameter 16 dan 17 inci plus finishing berwarna Magnesium Gold.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150

Sementara untuk PCD atau lubang baut diperuntukan bagi mobil-mobil dengan spesifikasi 4/100 dengan et 38. Ukuran ini dipilih karena terbilang sesuai untuk banyak mobil penumpang di dalam negeri.

“DnZ Wheels Type One didesain untuk menampilkan fitment velg yang mampu membuat tampilan kaki-kaki jadi lebih stand out. Spesifikasinya juga diperhitungkan untuk mobil dengan bodi mobil standar, maupun mobil yang ditambahkan over fender,” terang Dipo Dwiki dari Garasi Drift.

Pembuatannya, Garasi Drift mempercayakan PAKO Group untuk memproduksi di pabriknya. Pabrik ini merupakan spesialisasi membuat velg mobil-mobil baru seperti Lexus untuk market Jepang. Bahkan OZ Racing disebut pernah membuat lini produknya di pabrik ini.

DnZ Wheels dibuat dengan metode low pressure casting yang kuat. Apalagi velg tersebut sudah mendapat standar kualitas seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan JWL (Japan Light Alloy Wheel) yang merupakan sertifikasi keselamatan untuk mobil penumpang di Jepang.

Baca juga:  Suzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150

Adapun material, cara pemrosesan, hingga uji kelaikannya di jalan sama persis seperti pembuatan velg bawaan Lexus yang juga diproduksi oleh PAKO Group.

PAKO GROUP menghasilkan velg cetak DnZ Wheels mentah setiap 60 detik. Sebelum bisa digunakan harus melalui beberapa tahapan, seperti melubangi PCD dan pentil, proses x-ray untuk melihat struktur dalam velg, pemanasan, pengecatan, serta pemotongan di mesin CNC untuk mendapatkan model tertentu.

“DnZ Wheels Type One sudah lulus tes fisik seperti impact test, drum test, dan MLT. Selain itu per velg mampu mencapai maximum load 560 kg, sehingga kalau dikali 4 buah, mampu menopang mobil berbobot 2 ton lebih,” jelas Marketing Departement Head Pako Group, Yeremia Dwi.

Andre Mulyadi, Project Director IMX mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus merangsang dan mendorong hadirnya produk-produk aftermarket dalam negeri di setiap penyelenggaraan IMX.

“Sudah seharusnya Indonesia memiliki produk-produk aftermarket sendiri yang berjaya di dalam maupun diminati pasar luar negeri,” pungkas Andre. [dp/MTH]