Pentingnya Perawatan Berkala, Agar Kondisi Mobil Terjaga | dapurpacu.id

Pentingnya Perawatan Berkala, Agar Kondisi Mobil Terjaga


DAPURPACU – Se-modern dan secanggih apapun sebuah kendaraan jika tidak diperhatikan perawatan berkalanya, tetap saja ‘membuahkan’ rewelnya kendaraan.

Karena itulah, saat Anda membeli mobil baru pasti telah dibekali buku servis berkala oleh pabrikan. Masih ditambah lagi adanya garansi untuk tahun dan kilometer, yang pastinya menguntungkan pemilik kendaraan.

Lini model mobil berlogo ‘Singa’ yang dipasarkan Astra Peugeot ini pun juga telah dilengkapi semua kemudahan di atas, baik SUV Peugeot 3008 maupun 5008.

Perawatan berkala di bengkel resmi setiap 10 bulan atau per kelipatan 10.000 km (tergantung mana yang lebih dulu tercapai), sudah pasti harus dilakoni sang pemilik, agar kondisi mobil tetap terjaga baik.

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot memaparkan, jika semua kendaaran merek atau jenis apapun tetap membutuhkan yang namanya perawatan atau servis berkala.

Menurutnya, semua mobil akan turun performanya seiring dengan waktu, akibat dari komponen yang tidak terawat dan mulai aus karena pemakaian. Hal ini dilakukan untuk menghindari biaya perbaikan komponen yang dapat merogoh kocek lebih dalam lagi.

Baca juga:  Rayakan 25 Tahun CR-V, Honda Siap Pasarkan CR-V Hybrid

“Dengan menjalani semua yang ada di buku servis, perawatan berkala menjadi hal wajib bagi pemilik mobil. Hal ini juga merupakan salah satu syarat untuk tetap berlakunya warranty,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Samsudin, pemilik mobil Peugeot harus menaati peraturan yang ada pada buku warranty, maupun maintenance package keluaran Astra Peugeot.

Sebagai contoh, servis berkala wajib dilakukan setiap 10.000 km/10 bulan selama 5 tahun/60.000 km, serta jaminan warranty kendaraan sampai dengan 5 tahun/100.000 km.

Selain itu, para pemilik Peugeot lama juga bisa memanfaatkan program Peugeot Maintenance Package (PMP), di mana bisa diperpanjang untuk tetap merawat mobil kesayangan Anda.

Peugeot 3008 generasi sebelumnya, 508, RCZ dan lainnya juga bisa masuk dalam kategori Layanan ini. Empat pilihan program PMP Extended tersedia mulai dari model Blue, Silver, Gold hingga Platinum. Paket-paket ini bisa dimanfaatkan mulai dari harga Rp7,5 juta.

Baca juga:  Jangan Salah Pengertian Warranty dan Garansi

Program itu memberikan layanan servis mulai dari 70.000 km hingga 100.000 km. Bila dibandingkan dengan layanan servis konvensional, program ini diklaim lebih menguntungkan dan hemat biaya perawatan.

Sebagai informasi, PMP extended berisikan Free Servis Berkala (Jasa dan Sparepart) dan layanan 24 Jam Emergency Roadside Assistance dari Astraworld. [dp/MTH]