Lupakan Gawai Anda, Fitur ini Sudah Tersedia di Mobil Kok! | dapurpacu.id

Lupakan Gawai Anda, Fitur ini Sudah Tersedia di Mobil Kok!


DAPURPACU – Adanya fitur penunjuk arah atau lazim disebut GPS pada mobil turut memudahkan sang pemilik menuju lokasi yang dituju. Bila head unit mobil belum tersedia, di pasaran sudah terjual bebas.

Meski begitu, fitur navigasi ini sudah terintegrasi pada head unit mobil-mobil keluaran terbaru yang meluncur di Indonesia. Jauh lebih mudah, aman dan efisien ketimbang menggunakan aplikasi navigasi pada gawai Anda.

Secara umum, fitur GPS yang tersedia pada head unit tidak jauh berbeda, tetap memberikan informasi lokasi secara detail, disertai rute-rute plus navigasi yang akurat untuk mencapai lokasi tujuan.

Peugeot 3008 dan 5008 yang dipasarkan di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi GPS terintegrasi ini. Melalui GPS Mobile pada i-Cockpit, menghadirkan konfigurasi dan animasi penunjuk navigasi.

“Fitur GPS Mobile di i-Cockpit Peugeot, memang saat ini hanya terpasang di type SUV 3008 dan 5008 Allure Plus, Navigation,” kata Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot, dalam siaran resminya.

“Sedangkan untuk 3008 dan 5008 SUV GT-Line, fitur GPS dapat memanfaatkan fitur Apple Car Play dan Android Auto. Teknologi ini bisa memanfaatkan smartphone berbasis operation system Android dan iOS,” tambahnya.

Centre Console HD Touchscreen di i-Cockpit berada pada jangkauan jari dan juga dalam posisi pandangan yang pas. Itu sebabnya layout kursi pengemudi memberikan seluruh informasi kendaraan, dan pandangan di jalan tanpa terganggu.

Teknologi i-Cockpit sudah dikembangkan Peugeot sejak 2010 pada Peugeot SR1 konsep. Keunggulannya terdapat GPS Mobile pada Head-up Handset, atau layar informasi kendaraan berbentuk digital dengan ragam konfigurasi dan animasi.

Fitur navigasi pada Peugeot 3008 dan 5008 SUV Allure Plus akan tampil pada instrument cluster di dashboard. Penambahan fitur tersebut diyakini tidak membuat fokus pengemudi terpecah.

“Tampilan Navigation ini tidak akan mengganggu fungsi lainnya seperti speedometer, rpm dan lainnya. Karena tampilan tepat berada di tengah layar Digital Instrument Cluster, sedangkan indicator lainnya berada di samping juga bagian atas,” imbuh Samsudin.

Untuk mengaktifkan, driver cukup memutar tombol konfigurasi yang terdapat pada steering wheel sebelah kiri. Sedangkan untuk menentukan arah tujuan, pengemudi bisa memanfaatkan layar video screen di i-Cockpit.

Menariknya, perangkat GPS mobile ini tidak dikenakan biaya bulanan, karena sudah terintegrasi oleh sistem pabrikan yang bekerja sama dengan TomTom. Semua kebutuhan hanya perlu tersambung listrik dari kabel yang tersambung ke mobil.

“GPS Tomtom juga sudah dilengkapi dengan peta Indonesia selain Negara-negara di Asia. Makanya tetap aman menggunakan fitur ini,” pungkas Samsudin. [dp/MTH]