Tips Auto2000 Berikut ini Bikin Anda Aman di Jalan Saat Hujan | dapurpacu.id

Tips Auto2000 Berikut ini Bikin Anda Aman di Jalan Saat Hujan


DAPURPACU – Memasuki musim penghujan, wajib kiranya pemilik kendaraan seperti mobil memeriksakan kondisinya. Seluruh peranti vital pada mobil harus diperiksa, seperti ban misalnya.

Pada kondisi hujan, ‘musuh utama’ ban adalah aquaplaning atau hidroplaning, yang bisa saja bahaya kecelakaan mengancam di depan mata. Risiko ini terjadi akibat kondisi ban yang kurang mumpuni.

Sebagai informasi, aquaplaning merupakan kondisi saat tekanan air terakumulasi di depan ban mobil, sehingga telapak ban akan terangkat atau tidak menempel pada permukaan jalan ketika melaluinya.

Saat itu terjadi, pemilik mobil akan kehilangan kendali lantaran tidak mampu membelokkan setir dan mobil tetap berjalan lurus karena ban kehilangan traksi.

Lantas, poin-poin apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan pengecekan ban? Auto2000 coba membagikan tips apa saja yang harus diperhatikan ketika mengecek ban.

1. Periksa Tekanan Angin Ban
Tekanan angin ban yang sesuai rekomendasi pabrikan memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal jalan dengan optimal.
2. Perhatikan Kondisi Telapak Ban
Periksa ketebalan ban via Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur telapak ban. Segera ganti ban mobil ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI, untuk memastikan mobil tidak mudah tergelincir di jalan licin.
3. Cek Dinding Ban, Inspeksi Pelek Mobil, serta Lakukan Spooring dan Balancing
Periksa juga dinding ban dari potensi rusak seperti sobek atau bahkan benjol. Tak ada toleransi, ban mobil yang dindingnya rusak harus segera diganti baru.

Baca juga:  Cairan ini Bikin Kaca Depan Mobil Layaknya Daun Talas

Selain itu, pastikan pelek dalam kondisi baik agar keseimbangan ban dapat terjaga. Sementara untuk spooring dan balancing, langkah ini bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengembalikan sudut geometri seluruh roda.

Terpenting adalah proses keduanya harus sesuai ketentuan pabrikan dan menyeimbangkan keempat roda, sehingga dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengganggu.

Auto2000 Gelar Promo Musim Hujan

Untuk memudahkan konsumennya melakukan perawatan mobil di musim hujan ini, Auto2000 telah menyiapkan promo bertajuk November Rain. Dalam promo ini, konsumen diberikan diskon tiap pembelian peranti penunjang berkendara di kala hujan.

Auto2000 menawarkan promo November Rain dalam merawat kendaraan di musim hujan.

Potongan harga tersebut berlaku tiap pembelian produk Toyota Genuine Parts (TGP) dan TMO Chemical tertentu, serta merchandise untuk setiap penggantian sepasang ban merek tertentu.

Diberlakukan khusus konsumen di area Jabodetabek, diskon sebesar 10% diberikan untuk pembelian Wiper Blade dan 20% untuk Wiper Fluid. Potongan harga 10% juga diberikan untuk Car Care Engine Room Treatment.

Baca juga:  Slogan 3M ini Harus Dihindari Saat Berkendara di Musim Hujan

Perawatan ini membuat ruang mesin kendaraan kembali bersih setelah melewati genangan atau banjir sekalipun. Ada juga diskon 10% untuk Cabin Air Filter dan Cabin Disinfectant.

Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan, saat ini layanan Car Care Engine Room Treatment dan penggantian ban berlaku di cabang Auto2000 di area Jabodetabek. Sementara keempat program lainnya sudah berlaku nasional.

“Segera manfaatkan promo November Rain dengan melakukan booking service terlebih dahulu di Auto2000.co.id,” pungkasnya. [dp/MTH]