Begini Cara Menghadapi Jalan Menanjak, Lihai Aja Ga Cukup Loh! | dapurpacu.id

Begini Cara Menghadapi Jalan Menanjak, Lihai Aja Ga Cukup Loh!


DAPURPACU – Bagaimana pun, permukaan jalan tidak selamanya akan lurus-lurus saja, selain tentunya menikung ke kiri maupun kanan. Tanjakan dan jalan menurun sudah pasti ditemukan, terlebih saat melintasi daerah pegunungan.

Dapat kita jumpai pengemudi yang sedikit ‘grogi’ begitu menemui kondisi jalan menanjak. Makin menjadi bila dalam keadaan macet dan kondisi stop and go, seperti di area Puncak, Bogor, pada akhir pekan.

Bila mobil bertransmisi otomatis, tentu bukan menjadi masalah berarti bagi pengemudi. Keadaan akan berbeda jika mengendarai mobil bertransmisi manual.

Faktor kebiasaan atau seberapa lama dan jauh berkendara mobil bukan sebuah jaminan, seorang pengemudi mampu menaklukan mobil saat menanjak. Terlebih bila kondisi mobil tidak dalam keadaan ‘sehat’.

“Pastikan Anda dapat melewati jalan menanjak dengan aman dan nyaman, dengan memperhatikan cara mengemudi yang tepat dan kondisi mobil yang prima,” kata Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya.

Perhatikan juga kondisi hujan kala melewati jalan menanjak.

Lalu, bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman saat melewati jalan menanjak? Auto2000 pun coba memberikan tipsnya sebagai berikut :

Kunci Mengemudi di Jalan Menanjak
Menjaga momentum kendaraan sehingga dapat melaju dengan mulus di tanjakan, jadi kunci bagi pengemudi bisa melewati kondisi itu. Syaratnya, jaga emosi, tetap fokus dan tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam.

Baca juga:  Cairan ini Bikin Kaca Depan Mobil Layaknya Daun Talas

Andai ini dilakukan, ditakutkan Anda dapat kehilangan kendali mobil, terutama saat menemui jalan yang licin akibat keadaan jalan yang kurang layak atau hujan.

Namun jangan pula terlalu santai yang membuat mobil kekurangan tenaga bahkan menyebabkannya tidak sanggup mendaki. Kenali karakter mobil yang dipakai untuk mendapatkan momentum yang pas.

Optimalkan Transmisi Mobil
Walaupun mobil diperhitungkan mampu melewati, sebaiknya posisi gigi transmisi diturunkan untuk memperoleh tambahan tenaga yang memadai. Usahakan juga tidak menurunkan gigi di tengah rute pendakian agar mobil tidak kehilangan tenaga.

Jika tanjakan landai dan panjang, Anda bisa menggunakan gigi 3 baik untuk mobil transmisi otomatis atau manual. Tapi jika tanjakan cukup curam, bisa memanfaatkan gigi 2, bahkan bisa diposisikan di gigi 1 atau L, untuk transmisi otomatis jika dibutuhkan.

Melaju Dengan Halus dan Tenang
Atur irama kendaraan dengan menjaga injakan pada pedal gas. Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam ketika mobil mulai menanjak supaya ban tidak kehilangan traksi yang membuat mobil sulit dikendalikan.

Perhitungkan juga beban mobil, jika membawa muatan penuh. Artinya Anda harus menekan pedal gas lebih dalam. Perhatikan pula kondisi jalan yang bakal dilewati, terutama bila jalur yang dilalui kondisinya licin akibat hujan.

Baca juga:  Ingin Lolos Uji Emisi, Berikut Tipsnya Dari Auto2000 ini

Perhatikan juga kondisi lalu lintas cukup ramai sehingga membuat Anda kesulitan menjaga momentum. Tak perlu panik saat menjelang akhir jalur pendakian mobil semakin kehilangan tenaga.

Segera turunkan posisi gigi secara halus untuk kembali mengail tenaga. Andai sampai berhenti karena ada halangan atau mobil benar-benar tidak bertenaga, segera injak pedal rem dan tarik tuas rem parkir. Lakukan start kembali dari gigi 1.

Tetap tenang dan waspada supaya mobil dapat melaju kembali dengan aman. Segera pindahkan tuas transmisi ke D untuk transmisi matik, atau gigi lebih tinggi untuk transmisi manual setelah berhasil melewati tanjakan untuk memberi ‘napas’ pada mobil.

Periksakan Kondisi Mobil di Bengkel Sebelum Bepergian
Kemampuan mengemudi yang baik memang menjadi kuncinya bila menghadapi seluruh kondisi di atas. Namun semua itu bakal hilang begitu mobil tidak dalam kondisi prima, alias kurang perawatan.

Satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke bengkel langganan atau resmi, seperti Auto2000. Menurut Ricky, langkah ini diambil agar perjalanan semakin nyaman dan aman, tanpa mengganggu pengendara lain.

Baca juga:  Sistem Pengereman Kurang Berfungsi Baik, Yuk Cek di Auto2000

Paling naasnya adalah terjadi mogok. Termasuk pula kondisi transmisi dan ban yang memegang peran penting dalam menyalurkan tenaga mesin ke jalan.

Sebagai informasi, sepanjang Desember ini, Auto2000 menggelar promo THS Check Up Toyota, cukup dengan mengorder layanan THS di menu Booking Servis Auto2000 Digiroom.

Dalam promo ini, teknisi THS akan melakukan check-up 20 item mobil secara gratis, meliputi pemeriksaan mesin, elektrikal, AC, sasis dan bodi mobil.

Tak kalah menarik, masih disediakan Promo PERKASA untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber, yang memberikan diskon jasa sebesar 30% dan diskon parts sebesar 15%.

Ditambah lagi dengan Promo GLEDEK yang juga berlaku hingga 31 Desember 2020, berupa diskon pembelian wiper fluid sebesar 20%, wiper blade 10%, dan ban sampai dengan 27%.

Untuk melihat promo tersebut secara keseluruhanSyarat dan ketentuan berlaku, silakan cek menu PROMO Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lengkap.

“Auto2000 siap membantu mempersiapkan mobil AutoFamily agar selalu siap dipakai di berbagai kondisi jalan. Segera kunjungi Auto2000.co.id,” pungkas Ricky. [dp/MTH]