UD Trucks Indonesia Bakal 'Putar Haluan' di Tahun Depan | dapurpacu.id

UD Trucks Indonesia Bakal ‘Putar Haluan’ di Tahun Depan


DAPURPACU – Jelang tutup tahun, UD Trucks memperkenalkan tagline terbaru guna memperkuat komitmennya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, agar bisnis mereka dapat berjalan lebih optimal.

Lahirnya slogan ‘Let’s Challenge for Better Life’ sebagai pemacu kinerja di 2021, terinspirasi dari beragam tantangan yang dihadapi sejumlah tokoh dunia, termasuk Kenzo Adachi, Founder and Challenger UD Trucks.

Dapat dikatakan, 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dan UD Trucks percaya di 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik, di mana UD Trucks memantapkan fokusnya pada kondisi lingkungan serta masyarakat sekitar sambil terus memberikan solusi yang lebih baik lagi kepada para pelanggannya.

UD Astra Motor Indonesia mengakui, Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, tantangan terbesar dirasakan di sektor logistik. Sebab, sektor ini dirasa sangat penting keberadaannya sebagai urat nadi penunjang kehidupan masyarakat.

Para pelaku usaha di bisnis logistik saat ini dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan mudah, sementara tantangannya adalah mobilitas masyarakat masih terbatas sehingga menyebabkan naiknya rasio biaya operasional.

Vice President UD Astra Motor Indonesia, Chrisnoadhi menuturkan, truk yang merupakan alat transportasi utama untuk distribusi barang, menjadi sangat vital.

“Sudah menjadi tugas kami di UD Trucks untuk memastikan truk pelanggan dapat terus beroperasi dengan optimal demi membantu lancarnya sistem distribusi tersebut,” ujar Chrisnoadhi, dalam siaran resminya.

Sejatinya, sejalan dengan komitmen ‘Go The Extra Mile’, UD Trucks Indonesia telah memberikan beberapa layanan tambahan demi kepuasan konsumen, dengan tetap mengikuti peraturan serta protokol kesehatan yang berlaku.

Tambahan itu meliputi perpanjangan masa garansi dan servis gratis untuk perawatan, layanan perawatan dan perbaikan di bengkel dan melalui mobile service.

Sebagai informasi, tonggak sejarah UD Trucks berawal dari truk diesel LD1, yang merupakan truk pertama yang selesai dirakit di Jepang pada November 1939.

Saat itu, sebagian besar jalanan di sana tidak diaspal dan penuh dengan jalan dan jembatan sempit yang nyaris tidak cukup lebar untuk dilewati sebuah kereta kuda.

Atas kondisi tersebut, Adachi memutuskan untuk melakukan uji coba truk LD1 dengan melewati lereng curam dan melingkar, melintasi jalur gunung berbahaya.

Dengan total jarak tempuh sekitar 3.000 km, atau 1,5 kali panjang Kepulauan Jepang, tes ini merupakan pengujian daya tahan pertama di negara itu.

Kenzo Adachi saat menguji truk LD1 melintasi berbagai jalan di Jepang.

Beberapa orang berpendapat, uji coba itu seharusnya akan lebih mudah dilakukan di daerah perkotaan dari pada harus melalui jalan ekstrim seperti itu. Namun Adachi berpendapat lain.

“Yang kami inginkan adalah sebuah truk yang dapat melewati kondisi jalan apa pun, tanpa terkecuali. Jika (LD1) tidak bisa lolos tes ini, kami tidak dapat berharap pelanggan percaya pada truk kami,” imbuhnya.

“Saya tahu semua orang telah mengerahkan seluruh tenaga dan kerja kerasnya untuk menyukseskan model pertama ini, tetapi sangat penting bagi kami untuk menguji truk ini, bahkan jika itu berarti truk akan hancur,” pungkasnya.

Fokus Pengembangan Emisi Lebih Rendah
Di tengah hiruk pikuk hadirnya kendaraan-kendaraan berbasis listrik dan hybrid di dunia termasuk Indonesia, tidak lantas UD Trucks menghiraukan kondisi tersebut.

Merek ini pun telah memulai berbagai inovasi di dalam pengembangan produk-produknya sehingga dapat menghasilkan produk yang aman dan ramah lingkungan.

Untuk itu, UD Trucks telah menargetkan akan siap memproduksi secara massal kendaraan-kendaraan ini (listrik/electric vehicle dan hybrid) di tahun 2030.

Sementara di Indonesia, UD Trucks akan fokus untuk menghadirkan lini model komersialnya yang sesuai dengan ketentuan Emisi Euro-4 dari pemerintah.

Meski tidak disebutkan kapan peluncurannya, namun UD Trucks Indonesia telah menargetkan bakal segera diperkenalkan kepada masyarakat produk itu. [dp/MTH]