50 Tahun di Indonesia, Toyota Bakal Perkuat Model Elektrifikasi | dapurpacu.id

50 Tahun di Indonesia, Toyota Bakal Perkuat Model Elektrifikasi


DAPURPACU – Tepat tahun ini, Toyota merayakan 50 tahun perjalanannya di Indonesia. Dalam eksistensinya yang dimulai pada era 70-an, mampu menghadirkan mobilitas yang dibutuhkan.

Tak hanya produk, bentuk komitmennya juga diwujudkan melalui tersebarnya 333 jaringan resmi Toyota di Tanah Air. Seiring berjalannya waktu, layanan purna jual ini kian diperkuat dengan memanfaatkan digitalisasi.

Di setengah abad usianya di Indonesia, Toyota terus berambisi untuk bertransformasi terkait produk-produk yang digelontorkan yakni kendaraan ramah lingkungan.

Ragam layanan purna jual juga bakal disiapkannya. Tentunya hal ini sejalan dengan misi global Toyota di masa mendatang.

President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, pihak berkomitmen memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia di masa kini dan di masa depan, sesuai dengan kebutuhan dan trend yang terus berkembang.

Ragam model elektrik Toyota di Indonesia

“Sehingga kami dapat senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” tambahnya, melalui keterangan resmi, Selasa (5/1).

Perjalanan Toyota Indonesia hingga terkenal ke berbagai belahan dunia, dimulai pada awal era 70-an, dengan mengimpor model-model impor. Lima pabrik perakitan mobil dan mesin pun dibangun, di bawah pengawasan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Kini Toyota Indonesia sudah menjadi salah satu basis produksi global (hub) di Asia Pasifik dan mengekspor ke lebih dari 80 negara, seperti Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia dan Timur Tengah.

President Director TMMIN, Warih Andang Tjahjono menuturkan, pihaknya bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Tanah Air selama 50 tahun.

“Ke depan pihak berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu,” katanya.

Pengembangan itu, lanjutnya, termasuk produk berbasis elektrifikasi untuk turut mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi.

Hingga kini, lebih dari 20 lini model Toyota telah dipasarkan di Indonesia dan di dunia, mulai dari jenis MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport.

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti pengembangan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan, yaitu sejak 2009 silam, dengan hadirnya Prius.

Hingga kini, 10 model berteknologi elektrifikasi telah hadir, terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto memaparkan bahwa pihaknya tidak hanya dengan terus menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipilih sesuai kebutuhan pelanggan.

“Kami juga membangun ekosistem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” pungkasnya.

Sebagai pelengkap perayaan setengah abad, Toyota memperkenalkan logo ulang tahun khusus memperingati 50 tahun eksistensinya di Indonesia. [dp/MTH]