Pertashop di Jalan Tol Menarik Perhatian Pemudik Nataru | dapurpacu.id

Pertashop di Jalan Tol Menarik Perhatian Pemudik Nataru


DAPURPACU – Pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru (Naru) 2020-2021, PT Pertamina telah menambahkan sejumlah layanan untuk menjamin ketersediaan BBM di SPBU sepanjang di Tol Trans Jawa.

Salah satu layanan tambahan itu yakni hadirnya Pertashop di beberapa Rest Area di wilayah Jawa Bagian Tengah. Hal ini untuk memudahkan sekaligus mengurangai kemacetan yang lazim terjadi di masa Nataru.

Pertashop sendiri merupakan fasilitas pengisian BBM milik Pertamina seperti SPBU pada umumnya, dalam wujud yang lebih kecil atau mini SPBU, dengan jenis dan harga sama di SPBU.

Pjs. Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Kevin Kurnia Gumilang mengatakan, ada tujuh titik Pertashop yang tersedia sejak 19 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

“Di antaranya 4 unit di arah Jakarta menuju Surabaya (Ruas A) KM 252, 275, 456, 519 dan 3 unit di arah Surabaya menuju Jakarta (Ruas B) KM 294, 456, 519,” imbuh Kevin.

Baca juga:  Pertamina Resmikan Pertashop Kawasan Wisata Danau Aur

Kevin mengeklaim, hadirnya Pertashop juga menarik perhatian pemudik, khususnya yang berasal dari perkotaan karena belum pernah menemui di tempat tinggalnya.

Menurutnya, selain memecah antrian pada saat pengisian BBM di SPBU, hal ini juga bisa mengenalkan Pertashop kepada masyarakat perkotaan.

Kehadiran Pertashop ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemudik pada masa Nataru kemarin. Hal itu terlihat dari konsumsi harian dari total 7 Pertashop selama 16 hari, yang mencapai sekurangnya 13 KL per hari khusus untuk produk Pertamax.

Pertamina mencatat, konsumsi tertinggi terdapat di Pertashop Rest Area KM 294 B (tol Pemalang-Batang) yaitu 2,6 KL per hari, mendekati konsumsi pada normal.

“Jika dibandingkan berdasarkan produk, jumlah ini mendekati angka konsumsi Pertamax di SPBU reguler Tol Trans Jawa yang mencapai 3 KL per hari, tepatnya di SPBU Rest Area KM 360 B,” terang Kevin.

Tingginya konsumsi Pertamax diklaim karena kemampuan daya bakarnya yang lebih sempurna, dilihat dari RON Pertamax mencapai 91. Untuk itu, Kevin akan terus mengedukasi penggunaan Pertamax demi ‘kesehatan’ kendaraannya.

Baca juga:  Pertamina Resmikan Pertashop Kawasan Wisata Danau Aur

“Penggunaan bahan bakar yang tepat juga dapat menjaga lingkungan tetap bersih, yaitu dari kadar emisi gas yang lebih sedikit,” tutup Kevin. [dp/MTH]