BMW Astra Ditunjuk Sebagai Bengkel Resmi Uji Emisi Kendaraan | dapurpacu.id

BMW Astra Ditunjuk Sebagai Bengkel Resmi Uji Emisi Kendaraan


DAPURPACU – BMW Astra memberikan kemudahan kepada para konsumennya, pemilik mobil BMW yang ingin melakukan uji emisi kendaraannya di bengkel resmi BMW Astra.

Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan pada Pergub DKI Jakarta No. 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang akan mulai diberlakukan pada 24 Januari 2021.

BMW Astra sendiri sudah ditunjuk secara resmi dan tersertifikasi sebagai bengkel untuk melakukan uji emisi gas buang kendaraan. Sejatinya, kegiatan ini telah dilakukan BMW Astra sejak 2019 silam.

Fredy Handjaja, CEO BMW Astra mengatakan, pelaksanaan uji emisi ini bakal dilakukan oleh teknisi yang sudah melewati pelatihan serta peralatan yang terstandarisasi.

“Hasilnya langsung terhubung dengan Sistem Informasi Uji Emisi. Atas dasar inilah BMW Astra dapat melaksanakan layanan uji emisi, sebagai satu-satunya diler BMW di Indonesia yang ditunjuk sebagai bengkel uji emisi,” ujarnya.

Baca juga:  Intensitas Hujan Makin Tinggi, Cek Mobil Toyota Anda Segera

Dia menjelaskan, konsumen BMW dan MINI yang tertarik melakukan uji emisi gas buang ini bisa berkunjung ke bengkel yang berlokasi di Sunter atau Cilandak.

Namun sebelum menyambangi kedua bengkel tersebut, Fredy menghimbau untuk melakukan pemesanan pelayanan melalui call center resmi mereka. Adapun biaya yang dikenakan sebesar Rp350 ribu.

Sebagai informasi, dalam pengawasannya, peraturan itu juga akan terkait dengan perundangan-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga pelanggar akan diancam denda maksimal Rp500.000 untuk mobil dan Rp250.000 untuk sepeda motor.

Selain itu, sertifikat lolos uji emisi gas buang juga menjadi salah satu syarat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku pajak kendaraan bermotor.

Sedangkan bagi yang ingin berhemat bisa memanfaatkan uji emisi gratis yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Melihat situs resminya, di bulan ini ada 4 kali uji emisi gratis yang digelar, yaitu:

Baca juga:  Bengkel Resmi Daihatsu Layani Uji Emisi, Biaya Terjangkau

1. 6 Januari 2021 di Jalan Pemuda, Jakarta Timur;
2. 13 Januari 2021 di depan gedung CNI, Jakarta Barat;
3. 18 Januari 2021 di Waduk Pluit, Jakarta Utara;
4. 21 Januari 2021 di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. [dp/MTH]