Inilah Kunci Kesuksesan Honda Brio di 2020 | dapurpacu.id

Inilah Kunci Kesuksesan Honda Brio di 2020


DAPURPACU – Kesuksesan Honda Brio hingga berhasil memuncaki tangga penjualan otomotif terlaris di Indonesia, menjadi prestasi tersendiri bagi PT Honda Prospect Motor (HPM).

Usai mengarungi kondisi menantang di tengah pandemi Covid-19 yang belum berujung pulih sampai saat ini, baik Brio Satya maupun Brio RS mampu mengukir penjualan ritel dan wholesales dan retail sales yang positif.

Secara retail sales, Brio berhasil membukukan angka sebesar 43.021 unit, dengan komposisi Brio Satya tercatat 31.713 unit dan Brio RS sebesar 11.308 unit.

Sementara untuk wholesales, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Brio terjual 40.879 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan, prestasi Brio membanggakan. Menurutnya, sepanjang sejarah perusahaan berdiri, baru kali ini terjadi mobil Honda menjadi mobil terlaris di dalam negeri.

“Prestasi ini dicapai dalam kondisi pasar yang sangat menantang pada tahun kemarin, baik di Honda sendiri maupun skala nasional” kata Billy, disela temu virtual dengan awak media beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Peluncuran Tiga Model Sekaligus, Gempuran Honda di Awal Tahun

“Penjualan Honda juga menunjukan tren peningkatan konsisten selama tujuh bulan berturut-turut tahun lalu. Hasilnya, Brio terus menempati posisi teratas penjualan,” tambahnya.

Menurutnya, ada dua faktor terkait kondisi Tanah Air yang membuat mobil yang saat ‘lahir’ pertama kali mengisi segmen LCGC itu digandrungi konsumen untuk meminangnya, yakni perubahan prilaku membeli mobil baru dan komunikasi online.

“2020 terjadi disrupsi besar yang tidak hanya berdampak pada industri, tetapi juga prilaku konsumen. Dalam kondisi pandemi ini kami melihat pergeseran, sebelumnya masyarakat menggunakan transportasi umum, kemudian beralih kendaraan pribadi,” jelasnya.

“Kondisi inilah yang mendorong tumbuhnya pembeli pertama di segmen LCGC, di mana ada Brio dan beberapa pemain lain di dalamnya,” lanjut Billy kemudian.

Dia mengakui, sebanyak 50 persen konsumen Brio Satya pada 2020 merupakan pembeli mobil pertama, sementara konsumen Brio RS kebanyakan dari placement, fungsional, atau kelompok konsumen yang melakukan penggantian mobil.

Baca juga:  Honda Brio Makin Beringas di Pasar Otomotif Nasional

Faktor lain penyebab Brio menjadi mobil terlaris 2020 adalah seputar produk. Brio diluncurkan pada Agustus 2012, disusul kemudian Brio Satya di September 2013 memang dikembangkan untuk konsumen Indonesia.

Dikatakan oleh Billy, model ini dirancang berdasarkan survei khususnya pembeli mobil pertama, milenial, keluarga muda, sebagai prioritas utama pengembangannya.

Desain yang sporty, irit bahan bakar, biaya perawatan terjangkau, fitur terdepan, fun to drive, dan harganya sangat terjangkau. [dp/MTH]