Aktivitas Honda di Berbagai Ajang Balap Internasional Musim 2021 | dapurpacu.id

Aktivitas Honda di Berbagai Ajang Balap Internasional Musim 2021


DAPURPACU – Honda menegaskan bakal mengikuti sejumlah balap bergengsi pada tahun ini, berkolaborasi dengan para pebalap, insinyur, mekanik, serta seluruh anggota tim lainnya.

Ajang Formula One dipastikan berpartisipasi sebagai penyedia power unit dan memasok power unit untuk tim Scuderia Alpha Tauri dan Red Bull Racing. Musim 2020, Honda mampu meraih tiga gelar juara.

Untuk musim ini, Yuki Tsunoda bakal melakoni debutnya bersama tim Scuderia Alpha Tauri dan tandem dengan Pierre Gasly sebagai rekan satu timnya. Sementara pada tim Red Bull Racing, Max Verstappen kembali berlaga dengan pebalap baru Sergio Perez.

Selain itu, Honda akan tetap mendukung partisipasi dari para pebalap muda yang berjuang untuk bersaing di ajang FIA Formula 3 Championship (F3).

Max Verstappen

Di Jepang, Honda akan membuat perubahan pada struktur tim untuk meraih kemenangan di kelas GT500 di ajang balap Super GT Series dan Japanese Super Formula Championship di mana Honda merebut gelar ganda musim lalu.

Baca juga:  Red Bull Racing Kembangkan Sektor Aerodinamika RB16B

Pada kelas GT500, Honda akan menghadirkan beberapa tim yaitu Tim Kunimitsu dengan pebalapnya Naoki Yamamoto, dan Tadasuke Makino. Kemudian tim ARTA dengan pebalap Tomoki Nojiri dan Nirei Fukuzumi.

Lalu ada tim Red Bull Mugen dengan duet Ukyo Sasahara dan Toshiki Oyu, Tim Aestemo Real Racing dengan Koudai Tsukakoshi dan Bertrand Baguette sebagai pebalapnya, dan Tim Modulo Nakajima Racing dengan Takuya Izawa dan Hiroki Otsu sebagai pembalapnya.

Di ajang FIA World Touring Cup (WTCR) dan seri TCR, Honda tetap mengandalkan Civic TCR dengan susuan pebalap yaitu Attila Tassi, Tiago Monteiro, Nestor Girolami, dan Esteban Guerrieri.

FIA World Touring Cup

Selain itu, Honda juga akan kembali mengandalkan Honda NSX GT3 Evo untuk mengikuti kejuaraan GT serta Endurance Series yang diadakan di Amerika Utara, Asia, dan juga Eropa.

Khusus di kawasan Amerika Utara, Honda akan menyuplai mesin balap untuk 6 tim (16 mobil) pada ajang IndyCar Series 2021 yang dikembangkan Honda Performance Development (HPD).

Baca juga:  Red Bull Racing Kembangkan Sektor Aerodinamika RB16B

Di sini, Honda akan diperkuat para pebalap seperti Scott Dixon, Alex Palou, Marcus Ericsson, dan Jimmie Johnson dalam tim Chip Ganassi Racing.

Lalu Alexander Rossi dan Colton Herta dalam tim Andretti Autosport, Takuma Sato dan Graham Rahal dalam tim Rahal Letterman Lanigan Racing, serta Jack Harvey dan Hélio Castroneves dalam tim Meyer Shank Racing.

Seperti tahun sebelumnya, Honda juga akan tetap mengadakan ajang balap lokal yaitu Honda FIT 1.5 Challenge Cup, yang digelar di Sirkuit Suzuka, Okayama, Motegi dan Sugo. [dp/MTH]