Alvin Bahar Boyong Podium Pertama di Seri Pembuka ISSOM 2021 | dapurpacu.id

Alvin Bahar Boyong Podium Pertama di Seri Pembuka ISSOM 2021


DAPURPACU – Alvin Bahar mampu mempersembahkan yang terbaik bagi tim Honda Racing Indonesia di ajang balap Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.600 Max, Minggu (28/3).

Gelar Juara Nasional delapan kali yang sudah dikantongi selama ini cukup membuktikan kepiawaiannya, dengan perolehan juara pertama di seri pertama ajang itu, yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Di putaran pertama ini, dia sukses menyapu bersih baik sesi superpole dan balapan. Saat sesi kualifikasi superpole, Alvin menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 48,5 detik.

Berbekal superpole inilah Alvin terus menguasai seluruh putaran dan berhasil rival utamanya Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia, di posisi kedua dengan gap 2 detik.

Sepanjang balapan, Alvin mengemas total waktu 22 menit 9,381 detik. Sementara Haridarma, yang berada tepat di belakangnya, mengumpulkan total waktu 22 menit 12,837 detik.

Alvin mengaku performa mobil memang sudah improve sejak tahun lalu. Bahkan, lanjut dia, pada Mei 2020 Honda Prospect Motor telah memutuskan untuk berhenti dari ajang balap, sementara development terus berjalan.

“Setelah itu juga saya masih dyno mesin, dan development masih jalan terus meski agenda balap dari Honda terpaksa dihentikan,” tambahnya usai menerima piala.

Mengenai pengembangan yang dilakukan olehnya bersama tim, sebelum balapan digelar ujung tombak HRI ini menjelaskan ada beberapa penyesuaian yang dilakukan.

Penyesuaian itu antara lain memaksimalkan kinerja dapur pacu agar bisa lebih maksimal. Di samping itu, Alvin juga melakukan penyesuaian terhadap suspensi agar handling Honda Jazz yang dikendarai menjadi lebih mumpuni saat bermanuver di lintasan.

“Mesin sudah lumayan tapi memang masih ada beberapa kendala. Apalagi untuk memaksa di rpm tinggi, masih belum maksimal. Kalau dari suspensi, belum maksimal untuk pengembangannya, harusnya sudah bisa full setting,” pungkasnya.

Atas kemenangan yang diraih Alvin pada seri pembuka ini, memantapkan posisinya sebagai pemegang klasemen sementara Kejurnas ITCR 1.600 Max. [dp/MTH]