Rayakan 75 Tahun, Vespa Rilis Dua Model Edisi Khusus | dapurpacu.id

Rayakan 75 Tahun, Vespa Rilis Dua Model Edisi Khusus

Vespa Primavera 75th Anniversary Edition dan Vespa GTS 75th Anniversary Edition dirilis untuk merayakan 75 tahun merek Vespa di dunia.

DAPURPACU – 75 tahun sudah eksistensi Vespa di industri otomotif roda dua dunia, sejak 1949 silam. Sebanyak 19 juta unit Vespa berbagai tipe dan model sudah beredar hingga kini.

Perjalanan panjang Vespa telah dinikmati di 83 negara di dunia, termasuk Indonesia. Sejalan dengan perkembangan jaman, teknologi terkini terus disusupkan pada lini model Vespa yang diproduksi.

Berevolusi di setiap rentang waktu terus-menerus dan konsisten mengadopsi teknologi terkini, ragam model Vespa terbaru juga mengiringi fashion serta tren yang berkembang.

Berangkat dari inilah, ragam model Vespa terbilang sukses di dunia yang dapat diukur dalam lebih dari 1 juta dan 800 ribu unit diproduksi dalam 10 tahun terakhir.

Di pertengahan dekade pertama pada era milenium baru, produksi tahunan Vespa mencapai sekitar 50 ribu unit dan sejak itu, pertumbuhan yang konstan menjadikannya lebih dari 100 ribu unit di 2007 dan 200 ribu unit pada 2018.

Sebagai informasi, berbagai model Vespa dirakit di tiga pabrik berbeda untuk pasar yang beragam di dunia, mulai dari Pontedera yang ditujukan untuk pasar Eropa, Amerika dan semua pasar barat.

Kemudian Vinh Phuc di Vietnam yang melayani pasar Asia Timur dan Tenggara dan India, serta di pabrik Baramati yang dibuka pada April 2012 silam untuk pasar India dan Nepal.

Merayakan momen istimewa tersebut, Vespa akan mempersembahkan kejutan spesial yang khusus dibawa dari Pontedera, Italia, pabrik tempat produksi pertama Vespa.

Dua model yang diluncurkan tersebut yaitu Vespa Primavera dan GTS 75th Anniversary Edition, dalam balutan warna khusus yang diberi nama ‘Giallo 75th’.

Perbedaan dengan versi standar meliputi stiker bernomor 75 di sisi samping bodi kedua model itu. Begitu juga dengan jok kulit berkelir abu-abu dan tas kulit bundar yang dipasang di rak belakang.

Selain berfungsi menyimpan barang bawaan, tas ini juga dapat dijadikan tempat ban serep yang lazim ditemukan pada buritan model-model Vespa era 40an dan awal 50an pasca perang.

Kelengkapan lainnya berupa plat baja bertuliskan ‘Vespa’ unik, buklet lengkap dengan delapan kartu pos kolektor Vespa, dan syal sutra jacquard Italia yang mewah. [dp/MTH]