Gempuran Tiga Model Baru Yamaha di Pasar India | dapurpacu.id

Gempuran Tiga Model Baru Yamaha di Pasar India


DAPURPACU – Yamaha India resmi memperkenalkan model entry-level premium, FZ-X, berkonsep tampilan neo-retro street fighter. Selain itu, diperkenalkan juga dua skutik lain secara bersamaan.

Kejutan skutik tersebut berupa Fascino yang mengusung teknologi hybrid, serta Yamaha Ray ZR 125 dengan beberapa penyegaran pada fitur-fiturnya berupa teknologi LED yang disematkan pada lampu depan dan belakang.

Untuk Yamaha FZ-X memiliki kemiripan fisik seperti XSR 155 yang dipasarkan oleh Yamaha Indonesia. Tiga opsi warna ditawarkan yaitu biru, silver dan abu-abu, dengan menggendong mesin 150 cc.

Fitur-fitur yang dipasangkan diklaim menggabungkan konsep klasik dengan era modern, seperti lampu depan LED plus DRL, panel LCD pada speedometer serta konektivitas bluetooth untuk menghubungkan beberapa fitur motor dengan ponsel pintar.

Nuansa retro juga ditonjolkan melalui penyematan lampu depan bulat, tangki bahan bakar, jok berkonsep ‘tuck and roll’, setang lebih tinggi dan penutup shockbreaker depan.

Yamaha India berencana mulai mengirimkan Yamaha FZ-X itu kepada konsumen yang memesannya per Agustus 2021 mendatang.

Mengusung Teknologi Hybrid
Yamaha Fascino 125 mendapat pembaruan signifikan pada sektor dapur pacunya, dengan disusupkannya teknologi hibrida yaitu Smart Motor Generator (SMG).

Yamaha menyebutkan bahwa teknologi pada SMG yang kini memiliki fungsi tambahan yaitu mengadopsi sistem hibrida. Pada dasarnya sistem ini bekerja sebagai motor listrik, yang memberikan tambahan daya saat dipacu dari posisi diam atau mendaki tanjakan.

Nantinya, pengendara akan mendapatkan notifikasi di instrument cluster saat fungsi power assist beroperasi. Namun, sistem ini hanya memberikan limpahan tenaga selama tiga detik saja.

Atau dengan kata lain setelah jarum rpm yang dibutuhkan maupun ditentukan telah dilewati. Jadi faktanya, tidak ada tambahan daya pada spesifikasinya dengan adanya sistem hybrid tersebut.

Selain itu, bobotnya pun tidak berubah tetap 99 kg. Fascino 125 masih dibekali mesin yang sama dengan sebelumnya dengan limpahan tenaga 8,2 hp dan torsi 10,3 Nm pada 5.500 rpm.

SMG juga memberikan manfaat lain yang mencakup sistem silent start dan auto stop start. Sistem ini membantu penghematan bahan bakar dari sebelumnya, yang mencapai 57 km/liter di perkotaan dan 64 km/liter di jalan raya.

Yamaha Fascino 125 baru dengan teknologi hybrid.

Dengan hasil tersebut diklaim membuat Fascino menjadi salah satu skuter dengan standar emisi Euro 5 (BS6) bermesin 125 cc paling hemat bahan bakar yang pernah hadir di India.

Sementara dari tampilan, Yamaha juga menyegarkan beberapa komponennya dalam rangka menjawab keluhan konsumen yang mengatakan bahwa Fascino 125 terlalu ‘miskin’ fitur-fitur.

Tambahan fitur itu berupa lampu depan LED dengan DRL berdesain batang melintang di tengahnya. Cluster lampu belakang berbentuk V tetap sama namun kini dilengkapi LED, menggantikan tipe bohlam.

Selain itu, Fascino 125 juga disematkan konektivitas Bluetooth dengan tata letak yang sama seperti pada cluster meter di Yamaha Ray ZR 125.

Yamaha Ray ZR 125

Menggunakan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X, pengendara dapat menjawab panggilan, menemukan lokasi skuter, merekam perjalanan, dan riwayat parkir terakhir.

Untuk pengereman, dipasangkan cakram di bagian depan dan tromol di belakang yang didukung dengan CBS (Combi-Braking System) sebagai standar.

Varian dengan rem cakram tersedia warna baru Vivid Red Special, Matt Black Special dan Cool Blue Metallic. Sementara varian rem tromol mendapat warna Yellow Cocktail.

Khusus untuk Yamaha Ray ZR 125, Yamaha India berencana untuk memperluas teknologi hybrid baru Fascino ke Ray ZR 125 Dalam waktu dekat ini. [dp/MTH]