Honda Super Cub 125 Kini Lebih Ramah Lingkungan | dapurpacu.id

Honda Super Cub 125 Kini Lebih Ramah Lingkungan


DAPURPACU – Saat kemunculan perdananya di 2018, Honda Super Cub 125 langsung mendapat decak kagum publik. Dengan tetap mempertahankan bentuk ‘fisik’ klasiknya, motor itu menjelma menjadi lebih modern.

Kini, Honda Motor Europe melakukan sedikit penyegaran untuk Super Cub 125 terutama di sektor mesin, agar dapat memperluas eksistensinya di daratan Eropa. Selain tentunya penyegaran pada tampilan.

Untuk sektor itu, Honda kembali memadukan gaya klasik retro-modern yang diwujudkan dalam balutan warna doff (matte). Imbuhan LED terpasang pada seluruh lampu-lampunya.

Ditambah juga sistem Honda Smart Key dan tampilan digital pada dashboard. Dipasangkan juga velg aluminium 17 inci berkelir hitam doff. Unsur kenyamanan berkendara pun sedikit diperbaiki.

Hal itu dapat dilihat dari suspensi teleskopik di depan dan shock ganda di belakang dengan pegas baru, yang diklaim mampu meredam berbagai kondisi jalan. Honda Super Cub 125 model 2022 kini hadir dalam warna Matt Axis Grey Metallic.

Seperti dilansir Honda UK, pembaruan paling menonjol adalah telah terpenuhinya standar emisi gas buang Euro5 dengan desain pendingin udara terbaru, plus seting ECU agar lebih efisien.

Mesin berkapasitas murni 124 cc single overhead cam menggunakan bak mesin yang didesain ulang dari C110 yang beredar di pasar Jepang saat ini. Kemudian mendesain ulang crankcase dan piston punya diameter 50 mm dan jarak main 63,1 mm serta kompresi rasio 10:1.

Konfigurasi ini menghasilkan tenaga 9,6 hp dengan torsi puncak 10,4 Nm pada putaran mesin 6.250 rpm. Honda mengklaim terjadi peningkatan tenaga sebesar 0,13 hp dari model sebelumnya.

ubahan tersebut membuat tingkat efisiensi BBM-nya diklaim mampu menembus angka 66,6 km/liter, yang berarti dalam kondisi tangki 3,7 liter penuh dapat melaju hingga 250 km.

Transmisi masih gunakan empat percepatan yang dipasangkan dengan kopling sentrifugal otomatis, tanpa tuas kopling. Rasio gigi akhir mencapai 2.5 dengan angka 14 di depan dan 35 di belakang.

Honda Motor Europe membanderol motor ini seharga £3.499 (sekitar US$4.868) atau sekitar Rp70 jutaan. Saat ini, Honda Super Cub 125 di Indonesia dipasarkan seharga Rp73.645.000. [dp/MTH]