Komunitas Scooter UBL Tebar Beasiswa Nusantara Hingga ke Lombok | dapurpacu.id

Komunitas Scooter UBL Tebar Beasiswa Nusantara Hingga ke Lombok


DAPURPACU – Alumni dan dosen Universitas Budi Luhur (UBL) melakoni perjalanan kemanusiaan yang mereka namakan ‘Ekspedisi Lebah Hutan Jabalok Untuk Kemanusiaan’.

Seremoni pelepasan turing Komunitas Scooter Budi Luhur (KSBL) hingga ke titik finis di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dilakukan langsung oleh Rektor UBL dan Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Dr. Ir Wendi Usino, M.Sc, MM serta Kasih Hanggoro, MBA.

Dengan menempuh total perjalanan sekitar 1.500 km, Dr. Yusran selaku ketua rombongan turing bakal mensosialisasi sekaligus mencari calon-calon mahasiswa yang akan diberikan beasiswa.

Menurutnya, program Beasiswa Nusantara ini sudah dilakoni pihak kampus sejak lama. Untuk tahun ini kembali program rutin tahunan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian UBL di masa pandemi ini.

“Kami akan memberikan program gratis ini dengan menyeleksi terlebih dahulu calon-calon penerima beasiswa tersebut, di rute-rute perjalanan yang kami lewati,” kata Yusran, disela pelepasan turing, Sabtu (26/6) lalu.

Dia pun tidak membatasi jumlah calon-calon mahasiswa penerima program tersebut, dimana nantinya akan diseleksi terlebih dahulu. Adapun peserta turing KSBL Jabalok ini terdiri dari dari Dr. Yusran, Abdul Basyit dan Satrio Aditama.

Dengan metode pembelajaran secara online yang akan diterapkan, Yusran mengaku tidak membatasi jumlah kuotanya. Hanya saja dia bakal memberikan kemudahan dalam proses pembelajarannya kelak.

Rektor Wendi menambahkan bahwa pandemi yang entah kapan akan berakhir ini berdampak pada sektor perekonomian di masyarakat, yang berujung berimbas pada pendidikan.

“Terutama kemampuan orang tua untuk melanjutkan pendidikan anaknya kejenjang pendidikan lebih tinggi seperti ke perguruan tinggi,” tambahnya, yang turut hadir melepas keberangkatan rombongan.

“Universitas Budi Luhur melalui program Beasiswa Nusantara mencoba hadir sebagai salah satu bentuk kontribusi kepada bangsa, dengan menawarkan kepada putra/putri terbaik untuk dapat melanjutkan pendidikan strata satu tanpa biaya,” jelasnya.

Kelak, Beasiswa Nusantara ini akan diberikan kepada para calon mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran melalui website UBL dan membebaskan mereka untuk memilih program studi yang diminati.

Bersamaan dengan kegiatan turing ini, tim bakal melakukan kegiatan sosial di Trenggalek, Jawa Timur, dengan menemui salah satu aktivis kesehatan yang khusus fokus pada penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Untuk memperlancar perjalanan, tim turing KSBL telah berkoordinasi dengan para scooteris di rute yang bakal dilewati, melalui komunitas Vespa klasik yang berdomisili di Jakarta.

Meski begitu, Basyit tidak menginginkan adanya ‘pesta’ penyambutan besar-besaran yang mengundang kerumunan orang, agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Direncanakan, rombongan akan bertemu dengan pengujian ‘ternekat’ performa motor listrik terbaru garapan civitas UBL, BL-SEV01 menuju Sirkuit Mandalika, Lombok, yang dijadwalkan dilepas pada 8 Juli 2021. [dp/MTH]