Daihatsu Pertahankan Posisi 2 Hingga Semester I | dapurpacu.id

Daihatsu Pertahankan Posisi 2 Hingga Semester I

Jajaran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik yang disiap dikirim ke konsumen di seluruh Indonesia.

DAPURPACU – Dengan diperpanjangnya relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100% hingga Agustus 2021 hingga Agustus mendatang, diyakini akan terus menstimulus pasar otomotif nasional di tengah pandemi.

Konsumen yang menunda (wait & see) diyakini beberapa pabrikan bakal merespon kondisi tersebut seiring penerapan PPKM yang mulai dilaksanakan akhir Juni lalu.

Dengan berbagai kebijakan itu, Gaikindo memprediksi total penjualan hingga akhir 2021 mendatang mencapai 750 ribu unit – 800 ribu unit. Secara rinci, penjualan ritel pada Juni tercapai 66 ribuan unit.

Hasil ini sama seperti yang digapai pada 2019, di bulan yang sama 2020 hanya mencapai 30 ribuan unit. Sedangkan untuk whole sales, terjadi lonjakan permintaan konsumen dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada bulan (Juni) itu, permintaan konsumen mampu membukukan angka 72 ribuan unit, atau naik 32,7 persen dibandingkan pada Mei yang hanya mencatatkan 54 ribuan unit. Gaikindo prediksi pada bulan ini (Juli) bakal meningkat lagi.

“Lonjakan permintaan konsumen kami yakini berkat diperpanjangnya diskon pajak (PPnBM) 100% oleh pemerintah hingga Agustus nanti,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Secara nasional, papar dia disela temu media dengan media beberapa waktu lalu, pasar ritel otomotif pada Juni 2021 mencatatkan torehan di kisaran 65 ribu unit, atau naik sebesar 2,5% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sebanyak sekitar 64 ribu unit.

Selain kenaikan pasar, dampak positif juga dirasakan oleh Daihatsu, yang bahkan memiliki performa kenaikan lebih baik dibanding pasar, sekaligus tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Juni 2021.

Pada penjualan ritel, Daihatsu bukukan capaian di kisaran 12 ribu unit, atau naik 16,6% dibandingkan Mei lalu sekitar 10 ribuan unit. Kenaikan juga terjadi pada wholesales yang mencatatkan capaian kisaran 15 ribu unit, naik 86,3% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 8 ribu unit.

Dari pencapaian ini, baik retail sales maupun wholesales menjadi capaian market share tertinggi Daihatsu selama semester 1 2021, yakni retail sales sebesar 19,0%, dan wholesales sebesar 21,3%.

Hendrayadi berkomitmen untuk terus berupaya memenuhi permintaan pelanggan di tengah perpanjangan insentif diskon pajak 100% oleh Pemerintah.

“Dengan meningkatkan aktivitas digital marketing karena adanya keterbatasan mobilitas di tengah kondisi PPKM yang berlaku sejak awal Juli lalu,” pungkasnya. [dp/MTH]