Honda Siap Terjun di Bisnis Kendaraan Otonom di Jepang | dapurpacu.id

Honda Siap Terjun di Bisnis Kendaraan Otonom di Jepang


DAPURPACU – Honda mengumumkan per bulan ini bakal memulai program pengujian untuk kendaraan otonom, yang dilakukan di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi.

Langkah ini diambil untuk menuju bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom (Mobility as a Service-MaaS) di Jepang, yang rencananya akan diluncurkan dari kolaborasi antara Honda dengan Cruise dan General Motors.

Program pengujian teknologi layanan MaaS ini menjadi langkah awal untuk mempersiapkan pengujian secara menyeluruh, area itu akan dibuatkan peta dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan.

Setelah peta siap, Cruise AV akan mulai dikendarai di jalan umum pada 2022 mendatang untuk mengembangkan dan menguji kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

Di sisi lain, Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian dan juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi.

Baca juga:  Honda Dobrak Lagi Pasar Cina Dengan CRF190L

Di masa mendatang, Honda bertujuan untuk meluncurkan bisnis MaaS di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom.

Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan didapuk menjadi operator bisnis tersebut di Jepang kelak.

Honda berupaya menciptakan nilai baru dalam mobilitas dengan menawarkan kepada pelanggannya kegembiraan melalui bisnis kendaraan otonom MaaS. [dp/MTH]