Perhatian Sorot Lampu, Jangan Salah Seting Loh! | dapurpacu.id

Perhatian Sorot Lampu, Jangan Salah Seting Loh!


DAPURPACU – Penerangan menjadi sektor paling utama saat harus berkendara di malam hari. Untuk itu, pemilik mobil harus memperhatikan benar kondisinya terlebih di lampu utama.

Sayangnya, banyak dari pengendara mobil yang kurang memperhatikan kondisi tersebut. Padahal hal itu dilakukan demi alasan keamanan maupun keselamatan seluruh penghuni mobil.

Selama lampunya dapat menyala (on), kerap arah sorot lampu tidak dipedulikan. Padahal, arah sorot lampu depan yang tidak pas dapat menyebabkan penglihatan dan kenyamanan pengemudi menjadi berkurang.

Bahkan jika arahnya melebar kemana-mana, hal itu juga dapat mengganggu pengendara lain terutama yang berada pada posisi berlawanan arah.

Hal ini tentu akan dapat membahayakan para pengguna jalan di malam hari. Jika mengalami masalah pada arah sorot lampu utama, sebaiknya diatasi dengan sangat segera.

Apalagi caranya juga dapat dilakukan secara mendiri jika memang belum sempat mengunjungi bengkel resmi yang notabene dikerjakan oleh teknisi dan peralatan yang mendukung.

Baca juga:  Ini Keunggulan New Peugeot 3008 & 5008 SUV, Tengok Belakangnya

Untuk mengecek ketinggian lampu secara mandiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya mencari tembok untuk sasaran tembak arah lampu yang berfungsi sebagai acuan arah sorot lampu utama kendaraan.

Dinding tembok dan ruang cukup lega dipastikan mempermudah penyetelan arah cahaya. Apalagi dilakukan di tempat yang agak gelap sehingga cahaya lampu bisa dilihat lebih jelas.

Dekatkan mobil ke tembok dan buat garis sebagai tanda sejajar dengan ketinggian lampu bagian atas. Setelah itu mobil dimundurkan kira-kira 10 meter sambil lampu dinyalakan. Idealnya batas atas sorot lampu harus mengenai garis tersebut.

Jika sudah pas, lanjut setting arah lampu. Secara umum, lokasi pengaturan berada di belakang lampu depan seperti yang terdapat pada Peugeot 3008 dan 5008 SUV.

Terdapat baut yang dikelilingi plastik berbentuk lingkaran hampir penuh. Untuk mengaturnya gunakan obeng kembang maupun kunci L sesuai buku panduan kendaraan.

Baca juga:  New Peugeot 5008 SUV Allure Plus Telah Mendarat

Untuk lampu sebelah kanan, usahakan titik cahaya lurus dengan posisi headlamp dan cenderung ke arah bawah atau jalan. Tujuannya mencegah pengguna jalan yang berlawanan arah tidak silau.

Sementara untuk sebelah kiri dapat diarahkan sedikit keluar, yaitu sekitar 5 derajat agar sorotan lampu lebih luas juga ke jalan. Kenapa Berbeda?

Menurut Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot, hal ini ditujukan agar pengendara dapat melihat sisi jalan atau trotoar.

“Tentu selain arah depan. Jadi, pastikan setting sorot headlamp yang tepat agar nyaman dan aman berkendara,” pungkas Samsudin. [dp/MTH]