Civitas UBL Banyak Masukan Kembangkan Kendaraan Listrik | dapurpacu.id

Civitas UBL Banyak Masukan Kembangkan Kendaraan Listrik


DAPURPACU – Pencapaian para dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur untuk menguji jalan motor listrik Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 alias BL-SEV01, dapat dikatakan menjadi kesuksesan terbesar bagi civitas tersebut.

Perjalanan darat sejauh 1.340 km dari Jakarta menuju titik finis di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, berhasil mencatat perolehan data sekaligus informasi terbaru.

Bahkan, Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL mampu meraih pengalaman baru sepanjang pengujian ‘ekstrim’ BL-SEV01, salah satunya pengalaman untuk merancang lagi kendaraan listrik yang lebih optimal dari segala hal.

“Berkat hasil pengujian ini, kami yakin mampu menghadirkan lagi kendaraan listrik lebih bertenaga, ketahanannya untuk berjalan lebih jauh dan tahan lama,” ujar Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T., M.T.

Sujono pun berkeyakinan, pengujian ini diklaim menjadi titik kesuksesan civitas UBL untuk dapat membuat kembali rancangan kendaraan listrik lebi teruji di berbagai kondisi di Indonesia.

“Kendaraan listrik itu nantinya semakin teruji lagi untuk bisa menghadapi beragam kondisi jalan dan cuaca tanpa ada kendala berarti,” jelas Sujono, saat penyambutan tim turing BL-SEV01, Selasa (12/10).

Dia memaparkan, perjalanan darat terjauh yang dilakoni BL-SEV01 ini tak hanya sekadar pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik.

Menurut Sujono, seluruh data, informasi sekaligus pengalaman yang didapat di lapangan akan menjadi masukan, yang kelak bakal digunakan dan diolah untuk pengembangan lagi.

“Sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, BL-SEV01 dilengkapi motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam. [dp/MTH]