Begini Cara AHM Kembangkan Potensi Vokasi Bagi Siswa SMK | dapurpacu.id

Begini Cara AHM Kembangkan Potensi Vokasi Bagi Siswa SMK


DAPURPACU – Ajang kreativitas para siswa SMK bertajuk Vocational Video Challenge 2021, telah memasuki tahap seleksi tingkat nasional yang berlangsung 12-15 Oktober.

Sebanyak 40 video terbaik lolos ke tahap berikutnya, dari 689 siswa dari berbagai SMK yang telah mengikuti seleksi tingkat regional pada 1-30 September lalu.

Kompetisi ini ditujukan untuk membuat konten video menarik tentang apa yang mereka pelajari dari kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Tujuan utama PT Astra Honda Motor (AHM) yang didukung jaringan main dealer sepeda motor Honda ini sebagai upaya memberikan dukungan terhadap dunia vokasi di Tanah Air.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kegiatan ini merupakan sarana untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa SMK terhadap materi yang mereka pelajari selama masa pandemi ini.

Di sisi lain, ajang ini sekaligus memberikan tantangan bagi siswa vokasi agar mampu mengemas sebuah pesan pembelajaran dengan bahasa dan kreativitas ala anak muda.

Baca juga:  AHM Uji (Lagi) Kemampuan Para Instruktur Safety Riding

“Ajang ini bisa menjadi tempat siswa SMK menyalurkan kreativitas dalam mengemas materi belajar yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif,” ujar Muhibbuddin.

Video yang dibuat berdurasi maksimal 10 menit dan terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar dan Reset ECM, Penyetelan Renggang Valve dan Penggantian V-Belt dan Roler.

Proses pembuatan dilakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda dan peralatan sesuai prosedur kerja di industri, yang diawasi langsung guru pembimbing.

Video dinilai berdasarkan originalitas, kualitas, kesesuaian konten dengan tema yang dipilih dan juga nilai dari sisi cara menyampaikan materi. Selain itu, penilaian juga dilihat dari sisi penerapan keselamatan kerja dan pengunaan alat dan bahan sesuai peraturan yang berlaku.

Dari beragam video kreatif yang diajukan, dipilih 3 video terbaik dengan hadiah Juara 1 sebesar Rp5.000.000, Juara 2 Rp4.000.000 dan Juara 3 sebesar Rp3.000.000.

Baca juga:  Percepat Vaksinasi, Astra Hibahkan 2 Unit Mobil Vaksinasi

Bakal dipilih satu video terfavorit berdasarkan jumlah viewer terbanyak di kanal Youtube masing-masing sekolah dengan hadiah sebesar Rp2.000.000.

Sedangkan bagi para peserta yang berhasil lolos di tingkat regional akan mendapatkan biaya beasiswa sebesar Rp1.000.000. [dp/MTH]