Begini Upaya Adira Finance Giatkan Pasar Rakyat | dapurpacu.id

Begini Upaya Adira Finance Giatkan Pasar Rakyat


DAPURPACU – Program Festival Pasar Rakyat telah digelar secara rutin oleh Adira Finance selama lebih dari tiga dekade di Indonesia, dalam rangka menggiatkan sektor informal.

Tahun ini, even ini kembali dilaksanakan agar menjadi motivasi kepada pedagang pasar rakyat, agar dapat tumbuh secara berkelanjutan, sejalan semangat Adira Finance yakni #TumbuhBersamaSahabat.

Niko Kurniawan Bonggowarsito, Direktur Penjualan, Pelayanan dan Distribusi Adira Finance mengatakan pihaknya berkomitmen membangun hubungan jangka panjang dengan para pelanggan dan mitra agar makin mandiri dan mampu berkembang dengan baik.

“Dan untuk mendukung hal tersebut salah satunya dengan menggelar Festival Pasar Rakyat 2021,” jelas Niko, disela peluncuran program, Rabu (1/12) lalu.

Berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), pada 2021 sekitar lima juta pedagang atau 43% dari jumlah totalnya mengaku sulit berjualan akibat sepinya pembeli.

Festival Pasar Rakyat 2021 bertujuan untuk mengembangkan pasar rakyat agar menjadi ruang publik yang kreatif melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan secara hybrid.

Aktivitas itu diantaranya workshop untuk pengembangan usaha pedagang, memperkenalkan fitur Belanja Halal pada aplikasi Titipku, piloting Pasar Rakyat Corner di kantor cabang Adira Finance.

Selain itu digelar juga aktivitas hiburan berupa Lomba Cerdas Cermat di pasar, dan Lomba Foto ‘Sahabat Lokal di Pasar Rakyat’ yang dapat diikuti seluruh masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung di lima pasar, mulai dari Pasar Muara Karang, Jakarta Utara (1/12); Pasar Fresh Market Bintaro, Tangerang Selatan (2/12); Pasar Modern Sinpasa, Bekasi (8/12); Pasar Grand Galaxy, Bekasi (16/12); dan Pasar Sukatani, Cimanggis (21/12).

Dalam aktivitas ini Adira Finance berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti marketplace Titipku dan RCTI+, yang berlangsung hingga Januari 2022. Didukung juga oleh Adira Finance Syariah, Zurich Syariah dan Gerakan Pakai Masker (GPM).

Berkolaborasi dengan Titipku, kegiatan Workshop untuk Pengembangan Usaha Pedagang Pasar Rakyat meningkatkan pemahaman para pedagang melalui pelatihan dan bimbingan agar usahanya dapat tumbuh melalui adaptasi teknologi digital.

Pelatihan ini meliputi cara membangun usaha secara digital, literasi keuangan syariah, serta pengenalan Kemitraan Berdaya (Keday) atau agen AXI.

Titipku merupakan sebuah aplikasi mobile yang bertujuan membantu UMKM, khususnya pedagang pasar rakyat, untuk bertemu dengan pelanggan secara digital. Pelanggan akan mendapatkan pelayanan dari Jatiper (personal shopper) dalam membeli kebutuhannya di pasar rakyat.

“Data pada platform aplikasi Titipku menunjukkan terjadinya peningkatan omzet pedagang sebesar 20-50% secara bertahap, pasca mereka memutuskan untuk berjualan lewat aplikasi online,” jelas Henri Suhardja, CEO Titipku.

Pada aplikasi itu, Adira Finance Syariah juga memperkenalkan fitur Belanja Halal kepada pelanggan yang ingin membeli produk sesuai prinsip syariah.

Selain workshop, terdapat lomba Cerdas Cermat yang dapat diikuti para pedagang pasar rakyat, sebagai aktivitas hiburan kepada para pedagang di tengah pasar rakyat.

Masyarakat umum juga dapat meramaikan Festival Pasar Rakyat melalui Lomba Fotografi Sahabat Lokal, dan mengabadikan beragam kegiatan di pasar rakyat yang informasi lengkapnya dapat dilihat di http://adira.id/FPR2021-1.

Adira Finance melakukan piloting Pasar Rakyat Corner yaitu di Kantor Cabang Jaksel 1 – Tebet, Kantor Cabang Alam Sutera, Kantor Cabang Cimanggis dan Kantor Cabang Bekasi 4 – Harapan Indah.

Melalui Pasar Rakyat Corner, pelanggan dapat berbelanja ke pasar rakyat ketika mengunjungi di kantor cabang Adira Finance.

“Diharapkan even ini jadi motivasi agar para pelaku UMKM, khususnya ekosistem pasar rakyat, dapat menjadi kuat secara digital, mandiri, mampu berinovasi, serta dapat tumbuh,” tutup Niko. [dp/MTH]